Berlangganan

Resep Legendaris Lontong Mie Surabaya. Pedes, Manis, Gurih Jadi Satu



Kalo Bunda sering main ke Surabaya nih, pasti dong udah sering cobain berbagai kuliner khas Surabaya. Salah satunya nih Lontong Mie Surabaya. Lontong mie ini emang sedikit beda loh dengan sajian lontong yang lain. Menu andalan arek Suroboyo ini memiliki citarasa yang unik, dengan rasa pedas, manis, gurih jadi satu. Nggak heran aja kalo banyak yang suka makan menu yang satu ini, nggak peduli buat sarapan, makan siang, atau makan malam.

Bukan cuman itu, menu asli Jawa Timur ini bener-bener resep legendaries sejak jaman dulu loh. Rasanya yang enak dan sedap, bikin siapapun yang pertama kali makan lontong mie langsung jatuh cinta. Nggak heran ya kalo banyak yang kangen banget mampir ke Jatim cuman buat cari menu yang satu ini, karena rasanya yang original. Menariknya nih, lontong mie adalah menu yang tetap eksis sampai saat ini. walaupun nih rasanya emang sedikit mirip dengan lontong balap, makanan ini beda kok dari lontong balap. Soalnya, lontong mie ditambah dengan mie.

Nah, kalo Bunda sudah pernah nih cobain menu lontong mie yang satu ini, Bunda bisa kok bikin sendiri di rumah. Jadi nggak perlu deh jauh-jauh ke Surabaya buat cobain kuliner ini.kapanpun Bunda kangen dengan santapan lontong mie, Bunda tinggal bikin aja tanpa harus bingung. Untuk resepnya, Bunda bisa coba ikutin bahan-bahan dan langkah membuatnya berikut. Jangan lupa untuk cek bahan-bahan yang sudah Bunda siapin ya. Siapa tahu ada yang kelupaan dan bikin hidangan lontong mie Bunda jadi terasa kurang.

Bahan-bahan

  • 200 gr Udang
  • 250 gr Mie Kuning basah
  • 200 gr Tauge
  • 1 Batang Daun Bawang (Iris)
  • 1 Batang Daun Seledri (Iris)
  • 1,5 Liter Air
  • 3 sdm Minyak untuk menumis

Bumbu Halus ::

  • 5 Siung Bawang Putih
  • 4 Siung Bawang Merah

Bumbu Pelengkap ::

  • 1-2 sdm Kecap Manis
  • 1/3 sdt Lada Bubuk
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula Pasir
  • Secukupnya Penyedap Rasa

Bahan Pelengkap ::

  • Lontong
  • Tahu Goreng
  • Lentho Kacang Tolo
  • Bawang goreng
  • Kecap Manis
  • Sambal Petis

Langkah Membuat:

1. Panaskan minyak goreng,tumis udang dan bumbu halus hingga harum dan udang berubah kemerahan..masukkan air masak hingga setengah mendidih,beri bumbu pelengkap, aduk rata,masak hingga mendidih.


2. Kemudin masukkan tauge,mie kuning basah, daun bawang dan seledri,aduk rata,masak sebentar saja agar tauge tetap renyah,kemudian matikan api.


3. Siapkan piring saji beri smua bahan pelengkap dan siram dengan isian kuah,taburi dengan bawang goreng dan beri kecap manis.


4. Lontong mie surabaya ala saya siap disajikan dengan sambel petis..nikmatttt 👍😀


5. Resep sambal petis dan lentho kacang tolo terpisah ya..ada postingan sebelumnya.

Tinggal santap deh ditambah dengan kerupuk udang kecil-kecil. Dijamin deh keluarga pasti pada suka. Sekali jadi, tinggal dipotong-potong nih lontong dan tahunya. Taruh di piring dan tambahin mie kuning juga tauge. Baru deh disiram pake kuah. Enaknya nggak bakalan bisa ada yang tahan dengan menu yang satu ini. Kalo suka pedas, tinggal bikin sambal petisnya yang pedas. Banyakin aja cabenya. Nah, selamat mencoba ya Bun. Mudah-mudahan berhasil!

Sumber