Berlangganan

Resep Kue Kastengel Untuk Lebaran Enak Dan Empuk



Bunda pasti udah enggak asing lagi dong dengan namanya kue kastengel? Kue kering ini populer sekali di Indonesai. Bahkan sering digunakan sebagai sajian ketika sedang lebaran. Biasanya kue ini dijual di toko-toko kue, tapi paling gampang dijumpai ketika akan lebaran. Bentuk ukurannya kecil, paling Cuma sebesar jari dengan ukuran panjang sekitar 5 cm.

Untuk membuat adonananya mirip dengan nastar, hanya saja rasanya memang beda. Makanan ini sebenarnya asli dari Belanda, namun udah familiar sekali di Indonesia. Kue Kastengel ini banyak disukai orang, dan sering dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Lebih enak lagi kalau Bunda coba bikin resep kue kastengel ini di rumah sendiri.

Bikin kastengel ketika lebaran pasti jadi suguhan yang banyak disukai keluarga besar ketika kumpul di rumah. Enggak hanya tetangga tapi juga disukai para tamu yang sedang bersilaturahmi. Daripada harus membeli dan mengeluarkan uang yang banyak, Bunda bisa coba bikin sendiri di rumah dengan dana yang lebih irit lagi. Lebih lagi kalau rasanya enak, bisa Bunda jual di tetangga dan teman-teman Bunda. Hasilanya lumayan untuk tambahan ketika akan lebaran Bunda. Bikin resep kue kastengel sendiri di rumah enggak susah kok Bunda.

Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan ketika bikin kue kastengel ini gampang dicari, dan di toko bahan kue pasti menyediakan bahannya lengkap. Cara bikinnya juga enggak butuh waktu yang lama, jadi enggak ngabisin waktu Bunda dan bikin Bunda capek. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep kue kastengel sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 100 gram keju
  • 80 gram margarin
  • 3 kuning telur

Langkah Membuat:

1. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka aduk rata,
Tambahkan parutan keju, kuning telur dan margarin, uleni sampai rata dan kalis
( jika adonan blm bisa kalis bisa di tambah dg margarine).


2. Pipihkan adonan di tempat yang datar dg menggunakan botol, lalu potong persegi panjang


3. Tata adonan di loyang yang sudah diolesi margarin dan olesi adonan dgn kuning telur.Panggang diteflon kurang lebih 30 menit, setelah itu di balik, panggang lagi sekitar 5 manit. Lalu angkat ( menggunakan api kecil dan di tutup.) Setelah dingin, hiasi dg lelehan white chocolate


4. Alhamdulillah matang, meski cuma di panggang dg teflon


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep kue kastengel sendiri di rumah. Enggah susah dan sederhana kan Bunda? Apalagi kalau bahannya juga gampang dicari. Untuk takaran rasa dan porsi bisa Bunda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera Bunda ya. Entah mau ditambah ataupun dikurangi biar rasanya lebih enak dan sesuai. Semoga bermanfaat Bunda, selamat mencoba. Terima kasih.

Sumber