Berlangganan

Resep Kentang Polong. Gurih. Renyah Dan Ekonomis



Pernah cobain bikin kentang polong nggak nih Bun? Kalo Belum pernah, yuk cobain deh bikinnya. Kentang polong ini adalah snack atau cemilan yang dibuat dari kentang juga dicampur dengan tepung tapioka serta berbagai bumbu. Hasilnya nih, jadi sedap dan gurih loh. Selain itu, cemilan yang satu ini bikinnya nggak ribet loh Bun. Bentuknya lucu lagi, bulat-bulat kayak donat, tapi ukurannya kecil persis kayak ring.

Kalo bikinnya rame-rame nih pas akhir pekan juga seru loh Bun. Sambil dibantuin buah hati di rumah, keluarga kecil Bunda bisa kumpul rame-rame, sambil ngobrol dan nyemil jajan kentang polong yang udah jadi. Begitu udah jadi, tinggal dicemil aja di depan televisi, sambil nonton bola atau nonton sinetron. Momen berkumpul pun jadi tambah lengkap deh Bun, apalagi kalo ditambah teh atau kopi hangat.

Kalo Bunda suka pedes nih, kentang polong ini juga bisa kok ditaburin dengan bubuk cabe. Bubuk cabe kayaknya kita juga pernah share Bun cara bikinnya, bikin aja sekalian. Tinggal disimpen deh di toples cantik dan dicemil kapanpun yang Bunda mau nih kentang polongnya. Buat si kecil yang doyan jajan, cemilan yang satu ini pasti bikin si kecil seneng. Apalagi kalo disediain toples kecil khusus buat dia. Serasa dia bener-bener diperhatiin ya. Untuk cobain jajanan kentang polong di rumah, Bunda tinggal ikutin aja bahan-bahan dan cara membuatnya berikut.

Bahan-bahan:

  • 200 gram kentang( kukus, haluskan)
  • 200 gram tepung Tapioka
  • 30 gram margarin
  • 2 butir telur

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahannya.


2. Campurkan semua bahan menjadi satu, uleni rata dan sampai kalis..


3. Ambil sedikit adonan, bentuk menjadi lonjong kecil, lalu bentuk seperti cincin/ sesuai selera. Masukkan langsung adonan ke dalam minyak yang belum dipanaskan, goreng menggunakan api sedang, tunggu hingga berwarna kuning keemasan.
Angkat dan tiriskan.


4. Klu suka pedas, bisa di taburi dg bubuk cabe 😉


Nah, gimana Bun? Gampang banget kan bikinnya. Caranya juga praktis kok. Dijamin deh Bunda yang juga lagi belajar bikin jajanan di rumah pasti berhasil bikin kentang polongnya. Apalagi bahan-bahannya juga gampang dicari. Sekali ke pasar atau ke toko terdekat, pasti bisa langsung eksekusi semua bahan-bahannya. Kentang polong yang gurih dan renyah ini enak dicemil kapanpun kok, Bunda. Bahkan, bisa kok disuguhin dalam momen apapun. Entah itu lagi santai bareng keluarga, lagi piknik bareng keluarga, atau lagi ada tamu di rumah. Jadinya juga banyak kok. Bisa disimpen di toples-toples dan bikin ruang tamu Bunda makin meriah. Selamat mencoba ya!

Sumber