Berlangganan

Resep Hati Ampela Tahu Tempe Ungkep Penyet Sambel . Bikin Suami Lahap Makan



Hati ampela tempe tahu penyet ini juga masuk dalam daftar masakan khas Indonesia loh, Bun. Bahan-bahannya sederhana banget deh, yaitu cuman ati ampela ayam, tahu dan tempe. Banyak loh yang suka dengan ati ampela yam. Soalnya, citarasanya bener-bener spesial, enak di lidah para pecinta kuliner, dan rasa gurihnya itu bikin pengen makan lagi, makan lagi. nggak heran ya, bahan makanan mentah yang satu ini sering muncul di berbagai kuliner nusantara.

Nah, bikin hati ampela tempe tahu ini nggak bakalan susah. Percaya deh Bun, nggak bakalan bikin Bunda frustrasi di dapur karena masakan gagal atau lainnya, kalo Bunda bener-bener simak nih resepnya. Bikinnya gampang soalnya cuman pakai satu teknik masak, yaitu digoreng. Nah, tapi, Bunda harus bener-bener merendam bahan-bahan di bumbu yang sudah disiapkan. Supaya apa? Supaya, ati ampelanya bener-bener gurih dan bumbunya meresap. Sedangkan tempe dan tahunya cuman dijadikan pelengkap. Ketimbang penasaran nih gimana cara bikinnya, Bunda bisa simak resep di bawah ini. Jangan lupa untuk periksa kembali seluruh bahan-bahan yang harus ada ya Bun. Biar masaknya bisa dihidangkan dengan sempurna. Suami juga bakalan doyan makan nih kalo menunya endes kayak gini Bun.

Bahan-bahan ::

  • 500 gr Hati Ampela Ayam
  • 1 Papan Tempe (Iris)
  • 4 Buah Tahu Putih
  • 800 ml Air
  • Secukupnya Minyak goreng

Bumbu halus ::

  • 5 Siung Bawang Putih
  • 4 cm Kunyit
  • 4 cm Jahe
  • 5 cm Lengkuas
  • 1/2 sdm Ketumbar

Bumbu Pelengkap ::

  • 2 Lembar Daun Jeruk Purut
  • 2 Lembar Daun Salam
  • Secukupnya Garam
  • 1/2 sdt Penyedap Rasa

Bahan Sambal ::

  • 20 Cabe Rawit Merah (Opsional)
  • 2 Cabe Merah (Opsional)
  • 3 Buah Bawang Merah (Iris kasar)
  • 2 Buah Bawang Putih (Iris Kasar)
  • 2 Buah Tomat ukuran Besar (Iris kasar)
  • 100 ml Minyak Goreng

Bahan Pelengkap Sambal ::

  • 1/3 sdt Terasi Matang
  • Secukupnya Garam
  • Penyedap rasa Secukupnya (Bisa diskip)
  • Secukupnya Gula Pasir

Langkah Membuat:

1. Siapkan panci,masukkan air,hati ampela ayam,bumbu halus dan bumbu pelengkap..masak hingga mendidih dan hati ampela ayam menjadi empuk..matikan api,tiriskan hati ampela hingga tidak berair lagi. Panaskan lagi sisa bumbu ungkep tadi masukkan irisan tempe dan tahu..masak hingga mendidih, kemudian angkat dan tiriskan.


2. Panaskan minyak goreng dan goreng hati ampela, tempe dan tahu ungkep tadi hingga kecoklatan,angkat dan tiriskan.


3. Membuat sambal, panaskan minyak goreng, masukkan semua bahan sambal, masak hingga layu. Kemudian tuang ke dalam cobek,beri bumbu pelengkap, kemudian uleg hingga halus.


4. Sajikan hati ampela goreng ini beserta tahu dan tempe bumbu ungkep dengan sambalnya..sipp mantap dehh..


Nah, gimana nih? Menu yang satu ini emang tradisional banget. Tapi, sekalinya bikin, tentu bakalan menggugah selera keluarga. Apalagi, rasanya yang gurih banget karena bumbunya yang meresap bikin menu yang satu ini menjadi jawara di keluarga. Mengolahnya juga sederhana. Soalnya, nggak bakalan bikin Bunda yang baru belajar masak jadi kewalahan. Dagingnya yang digoreng terasa enak, gurih dan bener-bener bikin ketagihan. Rasanya bakalan lebih sempurna kalo menu yang satu ini disajikan dengan nasi hangat yang pulen. Mau makan malam, sarapan, atau makan siang, mau mendung atau terik, tetep aja deh menu yang satu ini bener-bener favorit. Apalagi ditambah dengan sambal super pedas, duh bikin perut terus pingin makan lagi, makan lagi. Bisa-bisa bikin lupa yang lagi diet, nih.

Menu ini juga nggak cuman disajikan buat akhir pekan kok Bun, buat menu sehari-hari juga bisa, kalo lagi bosen nih dengan masakan yang biasa-biasa, dan butuh sesuatu yang spesial agar keluarga kembali bersemangat. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber