Berlangganan

Resep Hati Ampela Goreng. Enak, Gurih dan Gampang Banget Bikinnya



Mau cobain menu klasik yang selalu bikin keluarga jadi kumpul makan bareng nggak, Bun? Menu ati ampela goreng bisa Bunda coba kok. Mau buat akhir pekan, makan malem, atau bahkan buat hidangan keluarga yang jauh-jauh dateng ke kampung halaman, ati ampela goreng selalu cocok buat bikin selera makan keluarga naik dua kali lipat. Selain cita rasanya yang bener-bener istimewa, rasa gurihnya juga begitu kuat. Nggak heran ya kalo menu khas Nusantara ini bikin keluarga jadi akrab kembali.

Bukan cuman itu sih, resep ati ampela goreng juga gampang banget kok untuk dicoba. Soalnya, Bunda cuman perlu pakai satu teknik memasak. Iya loh, Bunda kan cuman goreng doang. Kunci utamanya cuman ketika ngerendam bumbu. Jadi, bumbu harus direndam yang lama biar bumbunya bisa meresap. Resep sederhana ini bisa bantu buat tambahin koleksi resep masak Bunda loh. Jadi, wajib dicoba ya Bun. Itung-itung buat pengalaman baru di dapur nih. Untuk resepnya, Bunda bisa simak informasi berikut nih.

Bahan-bahan

  • 500 gr Hati Ampela Ayam
  • 1 Papan Tempe (Dipotong)
  • 5 Buah Tahu (Dipotong)
  • 800 ml Air
  • Secukupnya Minyak goreng

Bumbu Dimemarkan ::

  • 5 Siung Bawang Putih
  • 4 cm Kunyit
  • 4 cm Jahe
  • 5 cm Lengkuas

Bumbu Pelengkap ::

  • 1 sdt Ketumbar Bubuk
  • 2 Lembar Daun Jeruk Purut
  • 2 Lembar Daun Salam
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Penyedap Rasa

Bahan Sambal ::

  • 12 Cabe Rawit Merah (Opsional)
  • 3 Buah Bawang Merah (Iris kasar)
  • 2 Buah Bawang Putih (Iris Kasar)
  • 100 ml Minyak Goreng

Bahan Pelengkap Sambal ::

  • 150 ml Kecap Manis
  • Secukupnya Garam

Langkah Membuat:

1. Siapkan panci,masukkan air,hati ampela ayam,bumbu yang sudah dimemarkan dan bumbu pelengkap..masak hingga mendidih.


2. Kemudian masukkan irisan tahu dan tempe, masak lagi hingga hati ampela ayam menjadi empuk dan air setengah surut, angkat dan tiriskan.


3. Panaskan minyak goreng dan goreng hati ampela,tahu dan tempe tadi hingga kecoklatan,angkat dan tiriskan.


4. Membuat sambal kecap, panaskan minyak goreng, masukkan semua bahan sambal, masak hingga layu,angkat dan tiriskan. Kemudian tuang ke dalam cobek,beri bumbu pelengkap, uleg hingga halus, kemudian tuang kecap manis,aduk rata.


5. Hati ampela goreng sambal kecap dan tahu tempe goreng siap disajikan.


Untuk gorengnya emang lebih enak pakai minyak sayur Bun. Ati ampela yang masih segar juga lebih enak loh buat bikin olahan yang satu ini. Daun jeruk juga bagusnya ditambahin soalnya bisa bikin aromanya kemana-mana. Tapi, kalo nyari daun jeruknya susah banget, nggak masalah kok. Bunda bisa aja nggak usah pakai daun jeruk. Sekali mateng, tinggal dipindah ke tempat buat penyajian. Terus lengkapi menu ini dengan sambal sesuai selera Bunda.

Nah, gimana? Mau nggak cobain bikin resep ati ampela goreng yang satu ini? dijamin deh, aromanya kemana-mana. Bikin keluarga penasaran lagi masak apa tuh Bunda di dapur sendirian. Kalau sudah mateng, tinggal disajikan deh ke semua keluarga. Pasti tuh yang lagi asik sendirian di kamar bakalan keluar juga. Aromanya itu loh, bikin perut keroncongan. Untuk Bunda yang punya usaha katering atau lainnya nih, menu yang satu ini juga bisa dijadikan menu tambahan. Dijamin deh, nggak sedikit kok yang pesen dengan menu tersebut. Oke Bunda, selamat mencoba ya. Semoga berhasil!

Sumber