Berlangganan

Resep Empal Goreng Spesial. Simple Buatnya dan Mantap Sambalnya...Nikmatnyaahh!



Empal goreng selalu enak nih disajikan baik buat akhir pekan, lebaran, momen kumpul bareng keluarga, atau bahkan buat menu sehari-hari nih. Itung-itung buat manjain keluarga yang ada di rumah nih Bun. Nah, menu empal goreng ini bisa bikin siapapun langsung ambil piring dan nasi buat makan. Bahkan, Bunda juga bisa kok stok empal gorengnya. Jadi enak deh bisa dimakan setiap saat.

Empal goreng ini bahannya dari daging sapi. Nah, manfaatnya gede banget loh buat kesehatan. Kandungan gizi daging sapi tiap 100 gramnya nih mengandung 26 gram protein, 15 gram lemak, 90 mg kolesterol, 72 mg natrium, 318 mg kalium, 18 mg kalsium, 2,6 mg zat besi dan masih banyak lagi. Bahkan, daging sapi juga kaya dengan vitamin D IU, vitamin B 12, vitamin B6, dan juga lainnya.

Nah, penting banget loh mengonsumsi daging sapi. Daging sapi itu manfaatnya besar buat nambah massa otot. Jadi, kalo pengen suaminya punya otot yang kenceng dan kuat nih, Bunda sering-sering aja sajikan makanan berprotein, termasuk daging sapi empal goreng. Selain itu, bagus juga loh untuk sumber energi. Soalnya, jumlah energi pada 100 gram daging sapi bisa mencapai 250 kkal. Jadi, cukup loh buat penuhin kebutuhan energi setiap harinya. Apalagi nih banyak atlet binaragawan yang sering banget mengonsumsi daging buat menu harian yang sehat untuk stamina mereka nih.

Manfaat daging sapi lainnya nih untuk mencegah obesitas, membantu agar berat badan proporsional dan bahkan buat anak nih, yang nggak kalah pentingnya adalah bikin kecerdasan otak meningkat. Emang sih daging sapi lumayan mahal harganya. Tapi kan kalo liat manfaatnya buat kesehatan jadi nggak bakalan rugi nih Bun.

Nah, gimana sih cara masak empal goreng sambal korek nih? Bunda tinggal ikutin aja resep berikut. Perhatikan juga resep dan langkah bikinnya ya. Jangan sampai nih ada bahan yang penting tertinggal gara-gara lupa pas belanja. Kalo bahannya lengkap, baru deh Bunda bisa mulai bikin resep ampela goreng sambal korek berikut. Selamat mencoba deh!

Bahan-bahan:

  • 500 gr Daging Sapi (Rebus/presto hingga empuk,iris)
  • 150 ml Minyak Goreng

Bumbu Halus ::

  • 4 Siung Bawang Putih
  • 1 sdm Ketumbar
  • 2 cm Kunyit
  • 1 sdt Asem Jawa
  • 1 sdt Gula Merah (Disisir)
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Penyedap Rasa
  • 100 ml Air
  • Bahan Sambal ::
  • 15 buah Cabe Rawit (Opsional)
  • 3 buah Cabe Merah (Opsional)
  • 3 Siung Bawang Putih
  • 1/2 sdt Terasi
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Penyedap Rasa
  • Secukupnya Gula Pasir
  • 3 sdm Minyak Goreng Panas

Pelengkap ::

  • Nasi Hangat
  • Ketimun
  • Kol/kubis

Langkah Membuat:

1. Siapkan wadah,tuang bumbu halus kemudian lumuri daging dengan bumbu hingga rata sambil ditekan-tekan dengan jari..simpan dalam kulkas (Bisa juga langsung digoreng).


2. Panaskan sedikit minyak, goreng daging yang sudah dilumuri bumbu..goreng hingga setengah matang/kering. Angkat tiriskan.


3. Membuat sambal,siapkan cobek dan letakkan smua bahan sambal,uleg hingga halus kemudian beri minyak goreng panas sisa menggoreng daging tadi,uleg lagi hingga rata.


4. Empal daging sapi goreng dan sambal korek ala saya siap disajikan dengan nasi hangat dan lalapan... enak sekali..


Sumber