Berlangganan

Resep Brownis Alpukat Homemade. Enak dan Moist Banget!



Brownis sekarang udah bukan lagi jadi makanan yang asing dan susah ditemukan di Indonesia. Banyak banget toko roti yang jual kue brownis ini. Bahkan beberapa orang udah mulai coba bikin brownis sendiri di rumah biar jauh lebih irit. Brownis sendiri merupakan kue yang terbuat dari cokelat dan biasanya dimasak dengan cara dioven ataupun dikukus.

Belakangan, brownis ini dibikin dengan kreasi yang lebih unik dan bisa Bunda ikuti di rumah loh. Misalnya saja buat bikin resep brownis alpukat kukus yang empuk dan rasanya enak. Sekalipun udah pernah dijual dibeberapa toko tapi kalau bikin sendiri di rumah pasti rasanya jauh lebih spesial loh Bun.

Brownis ini bisa jadi sajian yang paling spesial kalau lagi ada acara keluarga loh Bunda. Soalnya rasanya yang enak dan empuk pasti banyak yang suka. Enggak cuma buat keluarga aja, bahkan bisa juga buat kue ulang tahun yang sekarang lagi musimnya. Bikin sendiri bakalan lebih irit dan enak soalnya rasanya bisa disesuaikan sama selera. Bisa juga jadi peluang usaha buat bikin pesanan resep brownis alpukat kukus. Lumayan untuk tambahan penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah. Sajian brownis alpukat pasti banyak yang minat, apalagi kalau di daerah Bunda jarang ada yang membuat dan menjualnya.

Untuk bahan-bahan bikinnya sebenarnya gampang dicari di sekitar kita dan toko roti terdekat kok Bunda. Bikinnya juga makan waktu yang lama kok. Berikut ini ada bahan sama langkah-langkah yang bisa di coba buat bikin resep brownis alpukat kukus sendiri di rumah, Bunda bisa ikuti tiap langkahnya.

Bahan-bahan:

Bahan Brownies

  • 2 butir telur
  • 6 sdm gula pasir
  • 6 sdm air hangat
  • 6 sdm minyak goreng
  • 2 sachet susu kental manis coklat
  • 6 sdm tepung terigu
  • 6 sdm coklat bubuk/milo/chocolatos
  • 1/2 sdt soda kue

Bahan Lapisan Alpukat

  • 1 buah alpukat mtg (ambil dagingnya bag kuning aja biar g pahit)
  • 2 sachet susu kental manis putih
  • 3 sdm gula pasir
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdm margarin, cairkan

Langkah Membuat:

1. Siapkan kukusan, panaskan dengan api sedang. Alasi tutup kukusan dg serbet bersih supaya uap air tidak menetes ke kue.

2. Buat ADONAN LAPISAN ALPUKAT: campur semua bahan, haluskan dg bantuan garpu/sendok. Boleh dg cara diblender tanpa air ya. Sisihkan.


3. Buat ADONAN BROWNIES: Campur telur dan gula pasir, aduk pakai garpu/whisk sampai tercampur. Diwadah lain, campur air hangat, susu kental manis, dan minyak goreng, aduk rata. Campurkan keduanya. Aduk rata.


4. Ayak tepung terigu, coklat bubuk, dan soda kue. Aduk rata.


5. Masukkan bahan cair (campuran telur tadi) ke dalam campuran tepung. Aduk pake whisk pelan" aja sampai rata keduanya. Jangan kuat2 dan overmix ya nanti bisa bikin bantat.


6. Ini yg sudah tercampur rata. Bagi menjadi 2 bagian sama rata.


7. Tuang satu bagian ke dalam loyang kecil (aku pake loaf 20x10cm) yg sudah dioles margarin dan tabur terigu. Kukus selama 15 menit.


8. Buka kukusan, tuang adonan lapisan alpukat, ratakan lalu tutup. Kukus kembali selama 15 menit.


9. Buka kukusan, tuang adonan brownies yg kedua. Ratakan lalu tutup. Kukus kembali selama 20 menit atau sampai matang.


10. Ini yg sudah matang. Angkat dari kukusan. Biarkan agak mendingin sebelum dikeluarkan dari loyang supaya browniesnya nggak hancur ya.


11. Keluarkan dari loyang.. Siap dipotong2


Nah, itulah bahan-bahan sama langkah buat bikin resep brownis alpukat kukus sendiri di rumah. Bahannya gampang dicari dan sederhana kan Bunda? Buat takaran rasanya disesuaikan saja sama selera Bunda. Kalau untuk porsinya bisa ditambah ataupun dikurangi sesuai kebutuhan Bunda. Semoga bermanfaat Bunda, selamat mencoba dan terima kasih.

Sumber