Berlangganan

Resep Bothok Daun Singkong. Sehat dan Enaknya Bikin Ketagihan!



Mungkin Bunda yang tinggal di luar Jawa nih belum pernah denger menu yang satu ini. yap, menu apa sih bothok daun singkong tuh? Bothok ini adalah menu tradisional Bun. Seringnya sih ada di Pulau Jawa. Bothok dibuat dengan tambahan kelapa parut.

Kelapa parut dicampur dengan bumbu yang sudah siap, terus ditambah dengan bahan-bahan lainnya kayak tempe, udang, tahu, jantung pisang dan lainnya sesuai selera. Bumbu-bumbu yang dipakai buat bikin menu yang satu ini adalah merica, garam, cabai, dan daun salam. Nah, campuran semua bahan dan bumbu tadi ditaruh di daun pisang. Daun pisang ini nih Bun fungsinya adalah bungkusnya sekaligus ciri khasnya. Proses masaknya yaitu dikukus dengan uap panas.

Kalo di jaman sekarang nih, ada banyak koki yang pinter bikin inovasi. Salah satunya ya menu bothok singkong. Nggak heran kalo mereka meodifikasi bothok singkong dengan bahan-bahan lainnya yang bener-bener penuh dengan gizi. Jadi, badan bener-bener dapet asupan yang sehat nih Bun. Misalnya nih, mereka tambahin petai cina atau Lamtoro, daun sembukan, tahu tempe, daun puyang, udang, kedelai, dan masih banyak lainnya. Ini bukti loh kalo pecinta bothok itu nggak sedikit. Jadi, mereka bebas berinovasi dan memodifikasi menu tradisional ini.

Bothok ternyata penuh dengan gizi. Bothok masuk dalam daftar menu makanan yang sehat. Selain itu, cara masaknya juga nggak digoreng. Jadi nggak ada tambahan lemak sama sekali kok, Bun. Makanan apapun nih yang dimasak dengan cara dikukus, maka vitamin dan kandungan lainnya nggak bakalan rusak loh. Bahkan, dikukus atau direbus adalah cara masak yang paling sehat. Soalnya bisa bantu tubuh buat melawan potensi diabetes. Nah, ketimbang penasaran nih gimana cara bikin bothok daun singkong atau lainnya, Bunda bisa coba resep berikut. Nggak ada daun singkong, bisa coba dengan variasi lainnya seperti yang udah disebutkan di atas ya.

Bahan-bahan

  • Secukupnya Daun Pisang
  • 1/2 Butir Kelapa Sedang (Diparut)
  • 1 Ikat Daun Singkong (Direbus,iris kasar)
  • 1 Papan Tempe (Dikukus, iris dadu)
  • 1 Genggam Teri Kering
  • 1 Genggam Udang Rebon
  • 5 Buah Belimbing wuluh (Iris)
  • 1 Genggam Lamtoro/Pete cina
  • Secukupnya Daun Salam

Bumbu Halus ::

  • 6 Siung Bawang Putih
  • 5 Siung Bawang Merah
  • 3 Cabe Merah
  • 8 Cabe Rawit (Opsional)
  • 2 cm Kencur
  • 2 cm Lengkuas
  • 2 Lembar Daun Jeruk
  • 1 sdt Ketumbar
  • 3 sdm Minyak Goreng

Bumbu Pelengkap ::

  • 1 sdt Kaldu Bubuk
  • Secukupnya Penyedap Rasa
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula Pasir

Langkah Membuat:

1. Siapkan semua bahan-bahannya.


2. Siapkan wadah, masukkan kelapa parut,bumbu halus dan bumbu pelengkap,aduk rata..tes rasa. Kemudian masukkan semua bahan lainnya,aduk rata kembali.


3. Ambil daun pisang,beri selembar daun salam kemudian beri isian bothok secukupnya.


4. Kemudian bungkus hingga rapi dan semat dengan lidi/tusuk gigi.


5. Siapkan panci kukusan,tata bungkusan bothok dalam panci, masak kurang lebih 45 menit hingga matang.


6. Bothok daun singkong ala saya siap disajikan dengan nasi hangat lebih nikmat..


Gimana, Bun? Gampang kan? Menu ini juga bikin si kecil doyan makan loh. Selamat mencoba deh!

Sumber