Berlangganan

Resep Bolen Pisang Raja. Manis, Legit dan Gampang Bikinnya



Menghidangkan buah pisang di atas meja waktu keluarga lagi kumpul pasti nih dalam hitungan sekejap langsung habis. Apalagi kalo ada pisang raja dan diolah jadi makanan tertentu nih Bun. Yap, misalnya nih bolen pisang raja. Kue yang satu ini berbalut dengan pastry. Rasanya empuk, lezat dan juga gurih. Nggak heran deh banyak yang bener-bener suka banget sama kue yang satu ini.

Bahkan, kue bolen pisang raja juga cocok untuk semua kalangan. Nggak sedikit loh yang udah coba bikin kue ini buat disajikan di berbagai acara. Bunda bisa kok cobain resepnya untuk kemudian disuguhkan waktu arisan, ada tamu, atau cuman untuk teman santai keluarga. Menyajikannya jadi terasa lengkap loh Bun kalo ditambah dengan secangkir teh hangat atau kopi. Bahkan, kue kayak gini juga bisa dibuat untuk oleh-oleh kerabat yang kebetulan nih lagi berkunjung. Kalau beli pun, Bunda bisa cari kue bolen pisang khas bandung dengan rasanya yang super lembut dan manis.

Nah, karena kue ini cukup familiar, gampang banget deh nyari kue ini di toko kue. Biasanya sih, per buahnya dijual dengan rentang harga 2.000 sampai 3.000 rupiah. Kebayang kan kalo Bunda harus menyediakannya dalam jumlah yang cukup banyak? Makanya, bakalan lebih hemat kalo Bunda bikin sendiri deh di rumah. Nggak tau resepnya? Jangan kuatir, disini kami sudah sediain kok resepnya secara lengkap. Jadi, Bunda tinggal ngikutin aja deh. Takut ribet? Enggak kok. Bikn resep bolen pisang raja cukup gampang. Bahan-bahannya juga gampang dicari. Bahkan, bikinnya sedikit mirip seperti bikin kue molen pastry.

Bahan-bahan

250 gr terigu protein tinggi

125 ml air es

125 gr korsvet

1 sdm gula pasir

sejumput Garam

50 gr margarine

Isian

Pisang raja

sisir Coklat dcc

Olesan

1 butir kuning telur

Hiasan :

Wijen hitam

Langkah Membuat:

1. Masukkan korsvet didalam plastik bening... gilas.. hingga ketebalan 0, 5 cm.... masukkan kulkas... 15 menit

2. Campur bahan lain... tambahkan air.. sedikit demi sedikit.. ulen sampai kalis....

3. Siapkan meja.. taburi terigu.. gilas adonan hingga tipisketebalan 0.3-0.5 cm.. taruh korsvet diatasnya... lipat yang diatas kebawah.. yg dibawah keatas.. yg kiri kekanan.. yg kanan kekiri... hingga korsvet tertutup semua... gilas dari tengah ke bawah dan dari tengah keatas.. hingga pipih dan lebar... jangan sampai korsvet bocor...

4. Lipat dari kanan ketengah.. dari kiri ketengah... lipat jadikan satu.. lipatan double


5. Gilas... seperti tadi.. setelah pipih.. lakukan lipatan single... dari kanan ketengah.. dari kiri.. menutup lipatan bagian kanan.. gilas lagi hingga pipih.... lakukan proses diatas 1 x lagi.... kulit bolen.. siap digunakan......

6. Noted.. kulit ini bisa digunakan untuk bolen... egg tart.. maupun pastry...

7. Potong potong kulit bolen seauai selera.... gilas lagi hingga agak tipis... beri isian


8. Lipat hingga isian tertutup semua...taruh diloyang yang sudah dioles margarine lakukan hingga kulit bolen habis..ini kira kura jadi 15 buah

9. Sebelum dioven.. oles tipis kuning telur... taburi wijen..... panggang dg suhu 150 darcel.... selama 40 menit..... 30 menit api bawah... 10. Menit api atas..... sesuaikan oven masing masing ya....

10. Sajikan


11. Dimakan hangat.. enak banget.. coklatnya meleleh


12. Udah sehari masih renyak.. empuk


13. Yuk deh Bun, cobain.


Nah, gampang kan Bun? Jadi bisa disajikan buat temen santai, ditambah secangkir teh atau kopi hangat, sesuai selera. Selamat mencoba ya. Kalo hasilnya bagus nanti juga bisa bikin usaha loh Bun. Tinggal bunda setorin nih kuenya ke warung-warung terdekat. Bahkan, bunda bisa berbagi kuenya dengan tetangga. Siapa tau nanti ada yang tertarik pesen. Lumayan kan bisa jadi bisnis rumahan kecil-kecilan untuk bunda dan keluarga.

Sumber