Berlangganan

Resep Biji Ketapang. Bikin Lebaran Makin Lengkap!



Puasa, selain bikin Bunda sering menghabiskan waktu bareng keluarga dari buka puasa sampai sahur bersama ternyata juga bisa bikin keluarga makin kompak dalam hal lainnya. Misalnya nih, Bunda dan keluarga bisa rame-rame bikin kue kering di rumah buat lebaran.

Ada banyak kue kering yang bisa Bunda coba bikin bersama keluarga, apalagi yang identik dengan lebaran. Kue kacang, kue nastar dan masih banyak lagi kue lainnya. Termasuk nih kue biji ketapang. Resep biji ketapang ini juga udah populer banget di jaman dulu.

Nah, resep biji ketapang ini emang salah satu kue tradisional yang khas banget. Bikin lebaran makin lengkap. Jadi kalo nggak ada kue yang satu ini rasanya kayak kehilangan warisan leluhur aja sih. Fakta yang menyedihkan adalah di beberapa daerah di Indonesia saat ini emang nggak memasarkan Biji Ketapang. Ya, semua pedagang juga ngikut arus permintaan atau trend ya. Jadi, gimana dong kalo kangen dengan resep Biji Ketapang?

Kue yang satu ini sebenernya enak banget. Bukan cuman untuk lebaran doang kok. Bunda juga bisa bikin resep kue Biji Ketapang kapanpun. Mau buat cemilan sehari-hari, teman arisan, dan lainnya. Terus gimana sih bikinnya? Bikinnya gampang banget kok Bun. Bunda bisa loh bikin dengan cukup nyimak bahan-bahan dan langkahnya berikut ini. Jangan lupa share ya kalo suka sama resepnya!

Bahan-bahan

  • 1 butir telur
  • 250 gram tepung terigu
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 25 ml santan kental (saya pake santan instan)
  • 4 sdm margarin
  • secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah Membuat:

1. Kocok dengan sendok, telur dan gula. Masukkan margarine, kocok lagi. Masukkan santan dan aduk sampai tercampur rata.


2. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai terigunya habis.


3. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bundar panjang dan potong serong. Lakukan sampai semua adonan habis. Panaskan minyak lalu goreng dengan api sedang, dan diaduk-aduk agar matangnya merata.


4. Setelah kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan. Dinginkan pada wadah yang sudah dialasi kertas.


5. Setelah dingin, masukkan ke dalam toples.


Gimana Bun? Bahan-bahannya simpel banget kan? Nggak bakalan bikin Bunda harus keliling pasar cuman buat kumpulin semua bahannya kok. Untuk citarasanya sih udah nggak diraguin lagi. Dijamin deh enak banget. Keluarga juga pasti nggak sabar untuk nyemil kue Biji Ketapang begitu udah tersaji di depan meja ya. Bahkan, kalo Bunda punya banyak waktu luang nih, bisa dijadikan lahan bisnis loh. Tinggal kasih lihat ke temen, suruh cobain dan kalo suka boleh pesen. Simpel banget deh kalo urusan kue jadi usaha. Bahkan sudah ada loh yang bikin kue ini dan pesenannya cukup rame. Dicoba ya Bun, semoga berhasil!

Sumber