Berlangganan

Resep Bandeng Presto Plus Sambel. Seger dan Wuenak!



Udah pernah cobain enaknya Bandeng presto kan Bun? Beberapa daerah di Indonesia udah banyak yang terkenal loh dengan Bandeng prestonya. Yap, walaupun menu yang satu ini emang berasal dari Kota Semarang, Jateng, tetepi di daerah lainnya seperti Sidoarjo, Surabaya, atau lainnya, nggak bakalan sulit mencari menu tersebut. Seperti namanya, Bandeng presto dibuat dengan bahan dasar ikan Bandeng, atau Chanos chanos. Ikan ini diolah dengan berbagai bumbu seperti garam, kunyit, dan juga bawang putih.

Kalo belajar dari Wikipedia nih, penemu awal menu yang satu ini adalah Hanna Budimulya. Hanna terlahir di Kota Pati, Jateng. Seiring berjalannya waktu, Bandeng presto pun jadi ikon yang besar di Kota Semarang.

Nah, gimana sih masak Bandeng presto? Mengolahnya sih gampang-gampang susah. Ikan bandeng yang masih segar nih dimasak dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Cara masaknya adalah dengan cara presto. Tentu Bunda udah nggak asing dong denger kata Presto. Ya, presto adalah cara memasak pakai uap air bertekanan tinggi.

Nah, panci khusus ini dirancang begitu rapat, dan bisa dikunci. Di panci tersebut, air dipanaskan sampai bener-bener mendidih, Bun. Kemudian, uap air inilah yang bakalan digunakan buat masak Ikan Bandeng yang udah diletakkan dalam panci. Ikan Bandeng emang banyak durinya nih, tapi kalo dimasak dengan cara presto, duri-duri ikan Bandeng jadi lunak deh.

Jadi, Semarang nggak cuman terkenal dengan Soto Bangkong, Tahu Gimbal, Kolak Setup, Wingko Babat, atau juga Lumpia Semarang. Bandeng Presto adalah salah satunya. Nah, mau cobain nggak gimana cara bikin Bandeng presto? Berikut nih resep yang bisa Bunda coba, dijamin jadinya wuenak nggak ada tandingannya.

Bahan-bahan

  • 2 ekor bandeng presto

Bumbu

  • 10 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm kencur
  • 2 sdm gula pasir
  • Garam
  • Perasan jeruk nipis
  • 6 buah tomat.. uk kecil

Langkah Membuat:

1. Goreng bandeng.. sisihkan


2. Siapkan bumbu


3. Rebus cabe sebebtar.. ulek garam dan kencur sampe halus.. tambahkan cabe.. ulek kasar


4. Tumis bawang merah bawang putih yg sdh diiris tipis... sampai harum.. masukkan cabe uleg kasar aduk... tambahkan bahan lain... aduk rata.... tambahkan air 100 ml... tes rasa

5. Siapkan bandeng dipiring.. guyur dgn sambel..


6. Siap dihidangkan


Nah, gimana nih Bun? Bandeng Presto cocok untuk Bunda yang suka suapin anaknya pakai Ikan Bandeng, tapi kuatir durinya ketelan. Pasti sakit banget dan kasian liat anak jadi makannya nggak nyaman. Bunda bisa cobain resep di atas untuk anak dan keluarga. Jadinya, mereka bisa makan lahap tanpa harus menyisihkan durinya. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber