Berlangganan

Resep Bakwan Goreng/ Bala-bala. Nikmatnya Nggak Ada Tara 😍😆



Salah satu camilan atau makanan gorengan yang cukup populer di Indonesia adalah Bakwan. Yup, keluarga Bunda mungkin salah satunya yang paling doyan makan bakwan. Begitu bakwan ditaroh di piring, belum selese masaknya nih, udah pada main comot, riwa-riwi masuk dapur cuman buat nyemil bakwan. Ya kan?

Bakwan kalo di daerah lain, misalnya nih Jawa Barat, bakwan juga dikenal sebagai bala-bala. Makanan gorengan ini bikinnya gampang banget, bahan-bahan buat bikinnya juga sangat ekonomis. Tinggal campur aja tepung sama berbagai sayur-sayuran yang gampang banget nyarinya. Bahkan, di pedagang sayur keliling aja Bunda bisa kok temuin bahan-bahannya. Soalnya, Bunda tinggal buat adonannya dari tepung, taoge, wortel dan kol yang udah diiris. Semua bahan tersebut tinggal dicampur deh sama tepung terigu dan bumbu, terus digoreng di minyak goreng yang banyak.

Tapi, tahu nggak sih Bun kalo bakwan ini aslinya dari Cina loh. Bak itu artinya daging. Sama kayak menu makanan bakpao, yaitu roti isi daging, bakso yaitu bola isi daging, bakmi yaitu mie isi daging, dan juga bakpia yaitu kue daging isi kacang ijo.

Kok bisa ya bakwan yang aslinya Cina masuk ke Indonesia? Jadi, dulu perdagangan itu nggak cuman dagang ya Bun. Kerennya, ada pertukaran budaya yang masuk di negeri kita ini. Dampaknya adalah kuliner tradisional. Meskipun Bak artinya daging menurut orang Cina, di Indonesia bakwan tetep menggunakan kata Bak, padahal nggak ada dagingnya.

Kalo Bunda jalan-jalan ke Malang, bakwan ini nama lainnya bakso loh Bun, jadi bukan gorengan lagi. Soalnya, kalo bak itu daging, sedangkan wan itu bulat, berarti ya bakwan itu daging dibulat-bulat, sama kayak bakso.

Nah, sekarang jadi tahu ya Bun beberapa informasi bernilai tentang bakwan. Tinggal Bunda cobain aja deh resep dan langkah membuat bakwan atau bala-bala berikut. Dijamin, keluarga bakalan sukaa banget. Apalagi kalo dimakan bareng bumbu rujak uleg. Duh, nggak ada taranya deh. Walaupun cuman cemilan ala kadarnya, tapi nikmatnya itu loh bener-bener luar biasa. Kalo mau lebih enak, tambahin sayurnya yang banyak ya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung terigu (bebas may protein tinggi / rendah)
  • 150 gram wortel (serut memanjang)
  • 150 gram kol (potong tipis)
  • 2 helai bawang daun
  • 3/4 sdm garam
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt lada putih
  • secukuonya air

Langkah Membuat:

1. Iris daun bawang


2. Serut wortel


3. Potong dan serut wortel & kol. Campurkan tepung terigu dan air sedikit demi sedikit smpe adonan menyatu dan berat. Jangan kebanyakan air ya nnti lembek


4. Campur semua bahan dengan terigu dan bumbui. Masukkan air perlahan hingga adonan agak berat


5. Goreng dengan api sedang. Jangan terlalu besar apinya biar matang luar dan dalam.


6. Sajikan dengan bumbu rujek uleg enak banget.


7. Enaknya nggak ada tandingannya deh.


Sumber