Berlangganan

Resep Ayam Bakar Ala Solo Empuk Banget. Bumbunya Bener-Bener Meresap



Selain telur, ngggak sedikit Bunda kok yang suka memasak pakai ayam sebagai bahan utamanya. Ayam dijual di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau loh Bun. Terus, Bunda juga bisa mengolah ayam dengana berbagai bumbu, berbagai teknik memasak mulai dari yang paling gampang sampai yang cukup menantang.

Nah, kalo Bunda bosen makan ayam goreng terus, ada banyak cara buat mengolah daging ayam kok. Misalnya, bikin aja resep ayam bakar. Ayam goreng dan ayam bakar emang sih sama-sama enaknya. Tapi, kalo makan ayam bakar, tentu udah beda banget sama ayam goreng. Kenapa? Ya soalnya, ayam bakar punya tekstur yang cukup kering dibandingkan ayam goreng. Ayam bakar madu, adalah salah satu contoh nih sebagai ayam bakar dengan sensasi karamelisasi di bagian kulitnya yang bener-bener mantap.

Nah, menu ayam bakar juga harus dimasak dengan trik, Bun. Jangan sampai salah panggang ya, soalnya bakalan bisa bikin kulit luarnya gosong, tapi dagingnya didalam masih mentah. Bunda juga harus cuci ayam pakai air mengalir supaya daging bener-bener bersih. Jangan sampai nih ada noda darah, lendir, atau juga kotoran. Bagusnya, bumbui ayam dan biarkan sampai 30 menit ya Bun biar bumbunya meresap.

Oh iya, kalo ungkep ayam juga sebaiknya dengan api yang kecil. Ini penting loh Bun supaya bumbunya bener-bener kering. Teksturnya juga jadi lebih empuk, dagingnya jadi lebih matang, dan rasanya bener-bener sempurna. Dengan tambahan berbagai bumbu yang tepat, ayam ala Bunda jadi punya citarasa yang penting. Jadi, jangan sepelekan bumbu ya Bun. Bumbu ini penting banget, supaya masak ayam bakarnya bisa lebih enak. Ayam bakar yang sederhana, paling cuman pakai bumbu ketumbar, bawang putih, bawang merah, kemiri, garam, dan gula. Tapi, tambahan bumbu lainnya kayak madu dan kecap, lada, jahe, serta cabai bikin rasanya bener-bener nendang banget karena ada pedasnya. Atau, Bunda bisa ikutin nih resep berikut supaya enggak bingung.

Bahan-bahan

  • 1 Ekor Ayam Kampung (Iris sesuai selera, cuci bersih)
  • 1 Liter Air Kelapa/Air Putih Biasa
  • 50 ml Minyak Goreng

Bumbu Halus ::

  • 8 Siung Bawang Putih
  • 5 Siung Bawang Merah
  • 8 cm Jahe
  • 8 cm Lengkuas
  • 3 cm Kunyit
  • 1 1/2 sdm Ketumbar
  • 5 Biji Kemiri
  • 3 Biji Mata Asam Jawa
  • 50 gr Gula Merah
  • Bumbu Rempah ::
  • 5 Lembar Daun Salam
  • 2 Batang Sereh (Dimemarkan)

Bumbu Pelengkap ::

  • 60 ml Kecap Manis (Opsional)
  • 1 sdt Kaldu Bubuk
  • 1/2 sdt Lada Bubuk
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Penyedap Rada
  • Secukupnya Gula Pasir

Langkah Membuat:

1. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus dan bumbu rempah hingga harum.


2. Masukkan potongan ayam kampung, aduk rata. Kemudian tuang air kelapa/air putih, beri bumbu pelengkap, aduk rata kembali.


3. Masak hingga kuah surut dan daging menjadi empuk..angkat dan tiriskan.


4. Panaskan panggangan untuk memanggang (saya pakai teflon), panggang ayam bumbu tadi hingga matang.


5. Ayam bakar ala wong solo siap disajikan dengan nasi hangat, sambal dan lalapan.


Nah, gimana nih Bunda? Siap kan cobain bikin ayam bakar yang lebih sehat tentunya ketimbang ayam goreng buat keluarga? Cobain aja resep di atas. Simak baik-baik dan eksekusi deh daging ayamnya. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber