Berlangganan

Resep Asem-Asem Daging Buncis. Kuahnya Seger Bingits



Masak untuk keluarga memang udah jadi salah satu kewajiban para Bunda. Memberikan sajian menu yang special untuk dimakan bersama keluarga. Nah, seperti yang kita tahu kalau jenis masakan orang Indonesia sangat banyak. Salah satunya ada masakan Asem-asem yang mungkin udah enggak asing lagi buat Bunda.

Asem-asem memang jadi menu masakan rumah tangga yang sering banget disajikan. Selain karena rasanya enak, masak Asem-asem ketika siang hari memang rasanya lebih segar. Jenis masakan Asem-asem sendiri sebenarnya bisa dari banyak bahan, ada yang sering menggunakan jenis ikan, ada yang menggunakan daging, dan beberapa bahan yang lainnya. Bunda bisa coba resep Asem-asem daging buncis sebagai menu makanan di rumah.

Asem-asem daging buncis ini bisa jadi menu yang menyegarkan ketika Bunda berkumpul sama keluarga di rumah loh. Bukan cuma bisa disajikan untuk keluarga di rumah saja, bahkan masakan ini juga cocok kok disajikan ketika sedang hajatan. Pasti banyak para tamu undangan yang suka dengan menu Asem-asem daging buncis. Sekalipun jarang ada yang menggunakan, tapi rasanya berbeda dan unik Bunda. Bikin sendiri di rumah rasanya jauh lebih enak, soalnya lebih irit juga Bunda. Untuk resep Asem-asem daging buncis cukup sederhana kok bikinnya.

Masalah bahan yang digunakan juga mudah ditemukan soalnya bahan yang digunakan umum sekali dan ada di sekitar kita. Sedangkan langkahnya juga enggak butuh waktu lama, jadi enggak bakalan makan banyak waktu dan bikin Bunda capek. Berikut ini bahan sama beberapa langkah buat bikin resep Asem-asem daging buncis sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan:

  • 500 gr Daging Sapi sengkel
  • 1 ons buncis potong2
  • 8 siung Bawang merah iris serong
  • 4 siung Bawang Putih iris serong
  • 5 biji Cabai merah kriting iris serong
  • 5 biji Cabai rawit biarkan utuh
  • 3 btr Belimbing wuluh potong2
  • 1 butir Tomat hijau potong2
  • 5 sdt Air Asam Jawa
  • 2 lembar Daun Salam
  • 3 cm Lengkuas keprek
  • 1 butir Gula merah
  • Sesuai Selera Kecap Manis
  • Sesuai Selera Garam
  • Sesuai Selera Gula (aku banyak kecap krn suka manis asem)

Langkah Membuat:

1. Rebus Daging sapi dengan air kurleb 2 liter sampai empuk (aku pake presto karena males,pengen cepet) --Kalo uda empuk,keluarkan potong2 sesuai selera.. --lalu masukkan lagi ke sisa air rebusan tadi (bole ditambah air sesuai selera)


2. Panaskan minyak,tumis daun salam+lengkuas sampai harum -- masukkan bawang2an.. --lanjut cabai2an Tumis sampe harum+sedikit layu yahh.sisihkan


3. Masukkan tumisan tadi ke dalam rebusan kuah daging sapi.. -- Tambahkan kecap manis,gula,garam,gula merah sesuai selera (suka manis banyakkin kecap) Rebus sampai mendidih

4. Lasttt,masukkan potongan buncis+tomat hijau+belimbing+air asem..masak lagi sampe buncis+tomat matang,TEST Rasa,sajikan!!


5. Hmmm ditemeni kerupuk terung/udang..sungguh nikmattt.. pengen nyruput kuahnya truss. Seger bingitt momieess:)


6. Oh ya,untuk yang suka buncis,boleh ditambah sebanyak selera yaa:) jadi berimbang perbandingannya #plus ngirit.. wkwkwkw...


7. Gampangnya kebangetan yak bikinnya ;) hayuk bikin!


Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah-langkah buat bikin resep Asem-asem daging buncis sendiri di rumah. Simpel dan enggak repot kan Bunda? Untuk masalah takaran rasa dan takaran porsi Bunda bisa sesuaikan dengan bahan yang digunakan biar sesuai selera Bunda. Bahan bisa ditambah atau dikurang sesuai dengan porsinya. Semoga bermanfaat, selamat mencoba Bunda, terima kasih.

Sumber