Berlangganan

Tengkleng Ayam Pedas Khas Solo



Kalau untuk penggemar daging kambing, pasti udah kenal sama kuliner tengkleng. Yap, kuliner ini bahan utamanya pake tulang kambing yang dimasak mirip kayak sup atau gulai. Asiknya menyantap sajian ini adalah saat harus menggigit tulang untuk mengambil daging kambingnya yang dimasak empuk. Sumsum tulangnya juga bikin ketagihan, pantas aja kuliner ini ngga ada matinya sampai sekarang.

Nah kalo yang biasanya tengkelng nya dari bahan daging kambing, kali ini akan dibahas tengkleng yang berbahan dari daging ayam ya, yang ngga kalah dasyat rasanya, soal citarasa dijamin deh ngga kalah enak nya dengan tengkleng pada umumnya yang berbahan daging kambing, pasti membuat ketagihan

Dari pada penasaran dengan kelezatannya. Alangkah baiknya kalo langsung membuatnya sendiri dirumah dengan panduan Resep Tengkleng Ayam Pedas Khas Solo milikk bunda Indry Hapsari berikut ini

Bahan - bahan :

  • 1/2 kg tulang ayam yang masih ada sedikit dagingnya yang menempel
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 750-1000 ml air
  • secukupnya garam, gula, merica, kaldu bubuk ayam (saya non MSG)
  • secukupnya minyak sayur untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 ruas kunyit
  • 1/2 sdt bubuk ketumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 12 buah cabai rawit merah/cabai setan ( sesuaikan selera aja ya )

Langkah - langkah :

1. Cuci bersih tulang ayam, beri perasan jeruk nipis dan garam, remas-remas. Lalu cuci bersih kembali. Kemudian blansir dengan air mendidih sampai berubah warna, tiriskan, sisihkan.

2. Tumis bumbu halus menggunakan minyak sayur sampai harum. Setelah itu masukan daun salam, jeruk, jahe, lengkuas dan serai, aduk rata


3. Masukan tulang ayam, aduk merata, beri air, aduk rata kembali. Biarkan mendidih


4. Masak terus sampai air mulai susut ( jangan kering ya ) dan tulang sudah lunak, beri garam, gula merica dan kaldu bubuk ayam ( aku pakai yang non msg ), aduk rata. Tes rasa.


5. Rasanya endeeuus, pedaasss gurih aaah sekarang ga usah beli lagi kalo mau tengkleng 😄. Digado gitu aja maupun disandingkan dengan nasi panas rasanya sama-sama enaaak 👍👌


Hmmm... langsung dibikin keroncongan perutnya. Hehehee... selamat mencoba. Jangan lupa untuk disediakan cabe rawit dan nasi putih hangatnya ya bunda kalo Tengkleng Ayam Pedas Khas Solo udah jadi di buat.

Sumber