Berlangganan

Sate Tempe Bumbu Kecap. Enaknya Nggak Ada Duanya 不不



Siapa sih yang nggak kenal Tempe? Kalo lagi males ke pasar, atau kalo dana belanja lagi pas-pasan, tempe adalah primadonanya. Ya, bahan dasar masakan yang satu ini memang ekonomis, bisa dimasak kayak gimana aja, dan tentunya enak. Selain digoreng, tempe juga bisa disemur. Asal jangan kaget aja Bun kalo Bunda juga bisa bikin resep sate tempe yang gurihnya aduhai.

Tempe merupakan salah satu hasil proses fermentasi. Bahan dasar makanan ini juga cukup populer di Indonesia. Bahkan, di luar negeri tidak sedikit masyarakat yang sukses memasarkannya. Selain proses pembuatannya yang menggunakan bahan kacang kedelai, ternyata tempe juga sangat mudah sekali dicerna oleh tubuh. Bahkan, tempe yang merkayat ini ternyata punya rahasia manfaat yang sangat tinggi, bahkan nilai gizinya pun sama seperti pada yogurt. Luar biasa kan?

Nah, sate tempe sendiri dibuat dnegan tambahan bumbu kecap. Sama seperti sate ayam sih, bedanya cuman bahannya pakai tempe. Untuk Bunda yang ngerasa bosen goreng tempe atau semur tempe terus, Bunda bisa coba kok resep sate tempe ini. rasanya begitu lezat, ditambah bumbu kecap yang melumeri daging tempe. Penasaran kan gimana cara bikinnya? Berikut resep yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan

  • 1 lonjor tempe.. potong dadu
  • Potongan dadu.. mentimun, tomat, cabe, bawang bombay
  • Bumbu bakar
  • 6 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 1 sdm merica
  • 2 sdm ketumbar
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 ons gula merah sisir
  • 1 sachet kaldu ayam
  • Garam
  • Kecap manis
  • 2 sdm maizena

Langkah Membuat:

1. Potong tempe dadu.... goreng sampai kecoklatan... tiriskan

2. Haluskan bumbu.. kecuali meizena dan kecap. Rebus di wajan dengan menambahkan 100 ml air atau secukupnya pemirsah sesuai selera.. mau kental banget atau cair.. jika suka cair air bisa ditambahkan jadi 1 gelas.. aduk rata..

3. ..... setelah mendidih... tambahkan kecap.. dan meizena yg tlah dicairkan... aduk rata...tes rasa... jika sudah siiip... langsung bisa oles2

4. Tusuk tempe... bisa selang seling dengan potongan mentimun tomat cabe.. dan bawang bombay atau bawang merah... oles dgn bumbu bakar.. atau celupkn tusukan tempe pada bumbu bakar

5. Panggang diatas bara.. sampai matang

6. Siap dihidangkan.. dgn taburan cabe dan irisan bawang merah


7. Kucuri dengan kecap manis... saya pakai kecap bango pemiRsah.. bukan iklan lho


8. @noted------> sblm dibakar diatas bara.. aning oven dulu sate yg siap bakar di oven listrik memakai api atas,taruh dirak atas suhu 200 darcel terlebih dulu... selama 15 menit supaya bumbu meresap.. baru dibakar diatas bara


Nah, gimana Bun? Sudah siap nih cobain resep sate tempenya? Kalo Bunda nggak ada daging ayam atau sapi untuk bikin sate, tempe bisa kok digunain buat bahan percobaan. Sate tempe bisa bunda sajikan untuk keluarga, meskipun lagi santai atau lagi suasana serius nih. Bahkan, kalo bikin banyak pun nggak bakalan berat di kantong deh, soalnya harga tempe bener-bener merakyat.

Bunda bisa kok beli tempe yang banyak, kemudian bikin sate tempe untuk dibagikan ke tetangga atau juga kerabat. Apalagi pas momen Ramadhan seperti ini. Sudah waktunya buat Bunda untuk berbagi kebagian sebanyak-banyaknya kan. Atau, Bunda juga bisa cobain resep sate tempe yang lezat untuk buka peluang usaha. Menyajikannya juga tinggal disajikan bareng nasi yang masih hangat. Duh, pasti semua kalangan bakalan suka.

Sumber