Berlangganan

Resep Tumis Teri Bawang Merah. Bikin Makan Terus Nambah



Kenapa sih nggak sedikit Bunda yang males masak di dapur? Banyak yang mengaku mereka nggak doyan menu yang ribet, apalagi kalo lagi sendirian di rumah. Bahkan, mereka lebih memilih mengonsumsi berbagai menu dari tukang jualan yang lagi lewat, kayak bakso, soto, atau lainnya.

Nah, untuk Bunda nih yang tergolong paling ogah masak di dapur dengan menu yang ribet, Bunda bisa kok cobain berbagai menu yang gampang banget. Iya! Gampang banget kok. Misalnya nih, menu tumis teri bawang merah. Eits, jangan salah loh. Menu yang satu ini sedang booming di kalangan para Bunda.

Tumis teri bawang merah bisa dibilang sebagai menu yang ekonomis. Irit banget. Bahan utamanya cuman ikan teri. Ikan teri bisa disesuaiin sih, mau banyak atau enggak. Jadi, nggak bakalan sulit kok untuk cobain resep tumis ikan teri bawang merah yang satu ini. Kemudian, bunda juga tinggal ngikutin resep berikut. Resepnya dijamin nggak ribet. Bahan-bahan pendukungnya juga gampang sekali dicari. Pasti deh, bisa jadi koleksi resep baru buat Bunda, terutama kalo Bunda harus masak sesuatu saat lagi buru-buru.

Bahan-bahan

  • 150 gram bawang merah potong2
  • 100 gram teri, goreng kering
  • 50 gram cabe (sesuaikan selera tingkat kepedasnya)
  • Secukupnya gula
  • 1/2 sdt terasi matang
  • secukupnya Garam
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus (optional)
  • 10 buah mata petai (optional)

Langkah Membuat:

1. Panaskan minyak agak banyak,tumis bawang merah, jika bawang merah sudah layu masukkan cabe. Tumis sampai cabe layu


2. Masukkan petai daun jeruk dan juga ikan teri. Beri gula garam dan terasi matang,


3. Masak sampai bumbu meresap


4. Angkat dan sajikan


Selain itu, resep yang satu ini juga mudah kok dimodifikasi. Bunda bisa menggantinya dengan ikan asin yang disuwir-suwir, ebi nasi, tuna, atau juga petai. Jadi enak ya, satu resep bisa diganti-ganti bahannya sesuai selera. Pasti bikin yang makan nggak gampang bosen. Kalo doyan dengan yang pedes, tambahin aja cabainya sesuai selera. Dijamin deh nggak bakalan bisa nolak kalo sudah liat menu yang satu ini nangkring di atas meja makan. Oh iya, suguhkan menu tersebut dengan nasi putih yang masih hangat ya Bun. Atau, bikin aja menu seperti ini ketika cuaca sedang teriknya. Dijamin pasti bikin lahap.

Nah, gimana nih Bun setelah nyimak bahan dan langkah membuat tumis teri bawang merah di atas? Gampang kan? Tunggu apalagi nih Bun? Tinggal praktekin dan kasih deh ke suami sebagai wujud perhatian Bunda buat suami yang doyan makanan tradisional..

Sumber