Berlangganan

Resep Tumis Daging Sapi Asli Enak Banget. Bumbunya Meresap Mantap!



Bunda pasti udah sering dengar masakan tumis dong? Dan pasti juga udah pernah masak tumis buat keluarga. Tumis emang jadi masakan yang banyak disukai orang karena rasanya yang khas dan cara bikinnya yang gampang Bun. Tumis sendiri sebenernya bukan nama masakan loh Bunda, tapi nama metode masaknya.

Biasanya lebih sering di sebut penumisan, teknik masak yang pakai sedikit minyak untuk masak bumbu. Karena perkembangan zaman sekarang tumis jadi beraneka macam jenisnya. Mulai dari tumis sayur, tumis ikan, atau juga tumis daging. Biasanya sekalipun menggunakan bahan ikan atau daging tetep aja ada sayur buat bikin rasanya lebih enak dan bikin lebih sehat lagi sih. Nah, Bunda udah pernah nyobain resep tumis daging belum?.

Tumis daging sendiri sebebernya sama aja sama tumis – tumis yang lainnya Bunda, cuma bahan yang dipakai ada daging yang dipadukan sama sayur dan bumbu lainnya. Rasanya emang enak banget Bunda, pasti keluarga bakalan suka kalok Bunda masak tumis daging di rumah. Selain bisa disuguhkan buat keluarga di rumah tumis daging ini bisa disuguhkan buat acara hajatan loh Bunda. Bunda bia coba pakai daging sapi biar rasanya jauh lebih enak lagi. Bahkan menu lebaran pakai resep tumis daging juga cocok kok Bunda. Coba bikin tumis daging sendiri di rumah juga enggak terlalu susah kok.

Karena bahan yang dipakai sebenarnya umum banget jadi makin gampang buat di cari Bun. Apalagi langkah bikinnya juga simple, jadi enggak bakalan makan waktu yang banyak. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep tumis daging yang bisa Bunda ikuti di rumah.

Bahan-bahan

  • 500 gr daging sapi
  • 1 bh bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 5 bh cabe ijo besar
  • 5 bh cabe ijo keriting
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt garam, gula pasir, merica bubuk

Saus marinasi:

  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen

Langkah Membuat

1. Rendam daging dalam kecap manis, kecap asin dan minyak wijen.


2. Diamkan dalam kulkas minimal 1jam, lebih lama lebih enak.


3. Iris serong cabe. Geprek jahe. Cincang halus bawang putih. Potong besar bawang bombay.


4. Panaskan minyak goreng tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum kemudian masukkan jahe dan cabe ijo.


5. Kemudian masukkan daging yg sudah dimarinasi beserta seluruh sausnya. Aduk rata.


6. Tambahkan saus tiram. Aduk rata.


7. Lalu bubuhkan garam, gula pasir dan merica bubuk.


8. Beri secukupnya air supaya daging matang sempurna dan empuk serta tidak gosong.


9. Masak sampai kuah berkurang sesuai selera. Koreksi rasa.


10. Tumis daging sapi siap dihidangkan untuk makan siang bersama keluarga tercinta.


Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah resep tumis daging di rumah. Bener – bener simple kan?, rasanya juga enak dan bisa bikin ketagihan. Untuk takaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya Bunda, entah mau ditambah atau dikurangi. Masak tumis daging di rumah bakalan jauh lebih irit di kantong. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber