Berlangganan

Resep Tongkol Balado Pedas Mantap. Manfaatnya Segudang! 🐟🐠



Ikan tongkol sering kita jumpai di pasar ya Bunda. Ikan ini dapat di temukan oleh para nelayan di perairan dangkal dekat pesisir Indo-Pasifik Barat. Dan di Indonesia sendiri banyak di jumpai di Padang, Cilacap, Sumenep , Tegal dan Manado. Ikan ini sering di sebut juga mackerel tuna. Ciri dari ikan tuna adalah ikan yang berwarna biru gelap metalik pada punggungnya. Sudah terbayang Bunda, gimana membuat Resep tongkol baladonya?

Sebelum memasak nih Bunda, banyak sekali manfaat dari ikan tongkol yang Bunda perlu tahu. Kandungan gizinya pun tinggi seperti protein, energi, kalori, lemak, kolesterol dan kalium. Manfaat dari mengkonsumsi ikan tongkol adalah menjaga kesehatan mata karena ada kandungan omega 3, menyembuhkan penyakit reumatik, mencegah dan mengobati anemia, mencegah ejakulasi dini, bermanfaat untuk kesehatan jantung Bunda, sebagai detok hati, dan menjaga daya tahan tubuh.

Akan tetapi pada konsumsi berlebih ikan tongkol juga bisa menimbulkan alergi, mengandung markuri, dapat menghambat pertumbuhan janin, bersifat racun jika itu merupakan ikan tongkol busuk bukan segar. Untuk itu Bunda perlu cermat dalam memilih ikan tongkol yang akan Bunda olah.

Nah Bunda sudah tahu apa itu ikan tongkol, manfaat apa saja yang di dapat dari ikan tongkol dan bahaya ikan tongkol jika di konsumsi berlebih. Dan kini saatnya Bunda mengolah ikan tongkol menjadi hidangan yang lezat dan eank.berikut ini resep tongkol balado yang bisa Bunda contoh dan praktekkan di rumah.

Bahan-bahan

  • 1/2 ekor ikan tongkol
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 cabe merah keriting
  • 10 cabe rawit
  • 1 lbr daun salam
  • 3 lbr daun jeruk
  • 1 ruas jahe
  • 1 iris jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam, gula pasir, kaldu bubuk

Langkah Membuat

1. Cuci beraih ikan tongkol lalu potong2 sesuai selera perasi jeruk nipis.


2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe dan tuang sesikit minyak goreng.


3. Goreng daging ikan tongkol sampai kering atau sesuai selera.


4. Tumis bumbu halus sampai harum.


5. Lalu masukkan daun salam, daun jeruk dan jahe, masak sampai matang.


6. Kemudian masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng, aduk rata.


7. Bubuhkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Bisa ditambah sedikit air supaya tidak gosong.


8. Masak hingga bumbu meresap. Koreksi rasa. Balado ikan tongkol siap dihidangkan dengan nasi panas. 😋😋😋


Saran Penyajian

1. Tambahkan bawang goreng dan daun bawang

2. Tambahkan sedikit perasan air lemon agar terasa segar ya Bunda

3. Untuk pedasnya Bunda bisa menyesuaikan menurut selera

Nah itu tadi resep tongkol balado pedas mantap yang Bunda wajib coba dan praktekkan di rumah. Rasanya yang pedas gurih bisa membuat Bunda ingin nambah dan nambah lagi makannya. Tidak jadi diet nih. Jika Bunda makan menurut porsi maka ikan tongkol tidak akan membuat Bunda menjadi gemuk, justru ikan sangat bagus untuk kesehatan. Selamat mencoba.

Sumber