Berlangganan

Resep Tempe Mendoan Yang Enak Dan Ekonomis



Banyak yang mengatakan kalo tempe mendoan ini dari Banyumas. “Mendo” diambil dari bahasa Banyumas yang artinya lembek, atau setengah matang. Nah, cara masak tempe mendoan yang bener ya dimasak pake minyak panas yang cukup banyak. Masaknya juga kudu cepet, jadi nggak harus sampe bener-bener mateng ya, Bun. Selain tempe mendoan, Bunda juga bisa kok pake tahu buat bikinnya.

Masak tempe mendoan disajikan pas lagi panas-panasnya nih Bun. Terus, tinggal ditambah cabe rawit. Sambel kecap juga enak kok buat tempe mendoan. Tempe mendoan selain bisa dipake untuk lauk makan, Bunda juga bisa bikinnya buat camilan keluarga. Nah, sajikan dengan teh atau kopi pas keluarga lagi pada santai.

Soal rasanya, duh jangan tanyain deh. Selain makanan ini unik, tempe mendoan sudah populer di kalangan masyarakat, bahkan terkenal di Jakarta. Di tempat lain nih, mendoan juga dikenal dengan tempe kemul, soalnya tempenya diiris tipis-tipis. Tempe mentah satu lonjor bisa jadi sepiring tempe mendoan deh. Murah meriah kan?

Selain itu, bikinnya juga gampang kok. Bunda nggak perlu begitu nih memperhatikan besar atau kecilnya tempe, juga banyak atau sedikitknya tepung. Jadi, Bunda yang masih belajar memasak bisa aja bikinnya. Mendoan juga bisa kok dibuat dari sisa tepung. Nah, biar tempe mendoannya enak, gurih, dan bener-bener mantap, Bunda bisa cobain bikin di rumah pas keluarga lagi kumpul semua. Untuk resepnya, Bunda bisa simak resep tempe mendoan berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 250 gram tempe(saya memakai tempe frozen, jadi sebelum di iris harus menunggu lunak, bisa di diamkan di suhu ruangan atau dimasukan ke microwave sebentar)
  • 10 sdm tepung terigu
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • secukupnya air
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam halus
  • 1/2 sdt kunyit bubuk(agar warna cantik)
  • 1 sdt bawang putih halus
  • secukupnya minyak goreng

Langkah Membuat:

1. Siapkan bahan-bahan(ketumbar dan kunyit, lupa disertakan di foto)


2. Potong- potong tempe


3. Campur tepung terigu, air, garam, ketumbar bubuk, bawang putih halus, kunyit bubuk dan daun bawang. Aduk-aduk


4. Panaskan minyak. Celup potongan tempe ke adonan yang telah disiapkan. Goreng dengan api sedang, sampai matang. Angkat. Sajikan


Gimana Bun, bisa kan cobainnya? Resepnya gampang karena emang bahan-bahannya sederhana. Masaknya juga nggak ribet. Tinggal tempenya dilapisi tepung dibolak-balik supaya rata, dan tinggal dimasak di minyak yang panas dan cukup banyak. Bunda juga bisa nih cobain resep tempe mendoan untuk santai di rumah, sambil nunggu waktu. Nggak bakalan habis dana banyak lagi. Jadi, cemilan yang merakyat ini selain enak juga ekonomis. Kalo Bunda tinggal di kampung yang cukup rame nih, Bunda juga bisa bikin tempe mendoan untuk dijual. Selamat mencoba ya!

Sumber: