Berlangganan

Resep Tempe Kemul. Super Gurih, Cocol Pakai Sambal Kecap



Tempe Kemul, sama nggak sih sama mendoan? Tempe kemul sama kayak mendoan, dalam hal, dua-duanya nih makanan ringan. Sama-sama terbuat dari tempe. Juga sama, digoreng. Tempe kemul dibikin dengan cara tempe dibalut gandum, pati, tepung beras dan juga ditambah daun kucai supaya lebih sedap nih, Bun.

Tempe Kemul ini makanan khas Jawa, artinya selimut. Nah, biasanya nih tempe kemul disajikan pas lagi hangat-hangatnya. Kalo di beberapa daerah nih, biasanya tempe kemul juga disebut Mendoan. Tapi, kalo Mendoan itu dimasak seetengah matang. Kalo tempe kemul, masih ditambahin kunyit biar warnanya kuning. Kalo mendoan kan warnanya putih dan merupakan makanan khas Banyumas. Jadi nggak sama ya Bun, tempe kemul dengan mendoan. Dari bahan-bahan campuran untuk balutan tempenya aja udah beda.

Kalo Bunda beli tempe kemul di daerah Wonosobo nih, gampang banget carinya. Bahkan, kalo ada orang jualan bakso atau mi ongklok, mereka juga biasanya menjual tempe kemul. Soalnya orang Wonosobo nih doyan banget sama tempe kemul, bahkan turis domestik atau mancanegara.

Oke, sekarang waktunya Bunda cobain deh cara bikin tempe kemul. Bikinnya gampang banget. Selagi ada tempe di kulkas, dan bingung soalnya keluarga di rumah pada suka bosen dengan tempe goreng, atau kering tempe, waktunya Bunda bikin nih kemul tempe. Warnanya juga menarik, karena tampak kuning seger. Jadinya kan enak diliat pas disajikan di depan keluarga besar Bunda nih. Kalo belum pernah bikin tempe kemul, Bunda tinggal intip aja nih resep berikut. Resep lengkap cara bikin tempe kemul berikut pasti bikin keluarga Bunda nggak sabar untuk menikmati tempe kemul di rumah.

Bahan-bahan

  • 1 papan tempe (200 gram)
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm bawang putih bubuk (bisa pakai 3 buah bawang putih fresh)
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/2 sdm Ketumbar bubuk
  • Sejumput kunyit bubuk (optional)
  • 275 ml Air

Sambal kecap:

  • 1 buah bawang merah
  • 6 buah cabe rawit merah
  • Secukupnya kecap

Langkah Membuat:

1. Potong2 tipis2 tempe


2. Siapkan wadah masukkan tepung terigu, ketumbar bubuk, garam, bubuk kunyit, bawang putih bubuk dan daun bawang, Beri air


3. Aduk rata. Lalu masukkan tempe. Cukup tempe yang mau digoreng saja yang di masukkan ya. Yang lain jangan di masukkan dulu tujuannya agar tempe tidak menyerap air terlalu banyak nanti lama mateng nya


4. Goreng sampai matang, angkat dan tiriskan. Sajikan bersama sambal kecap. Cara buatnya, potong2 cabe dan bawang merah, siram dengan kecap aduk rata. Sajikan.


Nah, gimana? Nggak ribet kan? Tempe kemul ini enak kalo dimakan pas agi anget-angetnya. Apalagi, kalo pas musim hujan. Ketimbang bingung karena seharian hujan terus dan nggak ada camilan, waktunya Bunda eksekusi tempe buat bikin tempe kemul ya. Pasti anak-anak juga suka kok. Tinggal disajikan juga pake sambel kecap. Duh, gurihnya. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber