Berlangganan

Resep Talam Tako. Lucu, Enak, Mungil. Cocok Untuk Takjil Ramadhan Si Kecil



Bunda udah pernah dengar makanan talam tako? Talam tako belakangan ini jadi makanan yang banyak disukai dan populer di kalangan ibu rumah tangga loh Bunda. Talam tako sebenarnya makanan khas dari Negara Thailand Bunda, tapi kalau di Thailand namanya kue tako-tako.

Makanan ini dibuat dari bahan dasar jagung manis dan punya tampilan yang lucu mungil, enggak heran kalau banyak orang yang suka. Selain rasanya yang enak, ternyata buat bikin resep talam tako sendiri di rumah benar-benar mudah dan praktis loh Bunda.

Kue talam tako cocok banget buat jadi menu takjil ketika akan buka puasa. Apalagi kalau bukanya sama keluarga dan kumpul jadi satu. Kue talam tako pasti jadi menu baru yang disukai keluarga. Bahkan enggak cuma bisa dibuat sajian takjil, Bunda juga bisa kok kasih suguhan ini ketika hari raya idul fitri di mana sanak saudara datang ke rumah. Rasanya yang enak emang bisa bikin yang makan ketagihan Bunda. Sekalipun enggak asli dari Indonesia tapi banyak juga orang Indonesia yang belakangan ini suka sama kue talam tako ini. Bikin resep talam tako sendiri di rumah pasti jauh lebih irit dan rasanya juga lebih enak soalnya bisa disesuaikan sama keinginan Bunda.

Bahan-bahan yang digunakan untuk bikin kue talam tako ini enggak ribet dan mudah banget dicari, soalnya emang dari bahan-bahan yang alami. Bukan cuma itu aja Bunda, langkah membuatnya juga enggak makan banyak waktu kok. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep talam tako sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan

  • 25 gr tepung hunkwe
  • 1 bh jagung uk kecil (pipil, kukus hingga matang)
  • 50 gr gula pasir
  • 250 santan
  • Sedikit garam
  • Secukupnya daun pandan utk mangkok tako/ takir

Langkah Membuat:

1. Siapkan daun pandan yg sudah dibersihkan dg air mengalir dan dilap kering. Bikin dulu mangkok/takirnya. Saya tdk sempat foto tadi, foto saya ambil dr google saja sbg contoh 😊. Resep ini jadi 10 pcs talam tako ya.


2. Masukkan semua bahan jadi satu dlm panci, masak hingga mendidih dan mengental lalu tambahkan jagungnya sambil terus diaduk. Matikan api, diamkan sebentar sampai uap panasnya hilang.


3. Dengan menggunakan sendok, masukkan talam tako nya ke dlm mangkok/ takir. Dinginkan sampai set.


4. Dingin dingin lebih enaak


5. Jadi 10 bh talam tako


Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep talam tako sendiri di rumah. Sederhana kan Bunda?. Untuk takaran bahan porsi dan rasanya bisa disesuaikan dengan selera Bunda ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber