Berlangganan

Resep Tahu Gejrot. Jajanan Murah, Enak dan Praktis!



Udah sering beli Tahu Gejrot kan, Bun? Nah, sayang aja nih kalo Bunda cuman beli Tahu Gejrot di pedagang keliling yang kebetulan lewat di depan rumah. Kadang, udah ditungguin tapi nggak lewat-lewat. Sekalinya lewat, dagangannya udah abis. Daripada ngenes nih, mending Bunda bikin aja sendiri di rumah.

Lumayan bisa bikin seru-seruan bareng keluarga. Apalagi pas semuanya lagi ngumpul. Kan asik tuh. Apalagi kalo anaknya sudah remaja semua, dan jarang ada waktu buat ngobrol bareng. Sekalinya pulang ke rumah, sudah keluar lagi hangout bareng temen-temennya. Kapan lagi Bunda bisa ngobrol bareng mereka, sambil tanyain tuh si Kakak kapan bawa gebetannya ke rumah.

Ngomongin Tahu Gejrot, makanan yang satu ini ternyata adalah makanan khas Cirebon loh. Bahan dasar yang dipakai adalah tahu, kemudian digoreng dan dipotong-potong agak kecil. Nah, terus, ditambah kuah yang dibuat dari cabe, bawang putih, gula, juga bawang merah. Untuk menyajikannya sih biasanya pakai layah kecil. Selain orang dewasa, banyak anak-anak yang suka loh. Selain sensasi rasana yang bener-bener khas, cara makannya juga unik. Jadi, pakai lidi kecil buat tusuk tahu. Untuk bikinnya, tahu yang dipakai adalah tahu Sumedang. Karena rasanya dan keunikannya nih, Tahu Gejrot sudah menyebar ke banyak tempat di Indonesia, termasuk Malang, Jakarta, Depok, Surabaya, dan kota besar lainnya.

Untuk bikinnya gampang banget kok, Bun. Tahu Sumedang disiapkan dulu. Caranya, direndam dulu tahu dalam air matang. Terus, dikasih satu sendok teh garam halus dan direndam di air tersebut sampai 20 menit, Bun. Nah, baru deh ikuti resep yang harus dibikin. Biar nggak bingung, nih, Bunda bisa pakai resep berikut untuk bikin Tahu Gejrot.

Bahan-bahan

  • 10 buah tahu coklat (goreng) asli 20 buah tahu sumedang
  • 7 buah cabe rawit hijau
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 4 buah bawang merah

Bahan kuah:

  • 50 gram gula merah
  • 1/2 sdm asam
  • 1 sdm kecap manis
  • Secukupnya garam

Langkah Membuat:

1. Rebus semua bahan kuah


2. Ulek kasar bawang merah dan cabe


3. Siapkan mangkok potong2 tahu nya (tahunya saya goreng dulu ya)


4. Tuang cabe dan bawang merah sambil di tekan2/bejek2 agar bumbu meresap. Lalu siram dengan kuah nya. Rasanya Pedes manis asem. Yummy.


Nah, gimana Bun? Gampang nggak? Ketimbang beli untuk keluarga besar Bunda, uang yang dikeluarkan nggak sedikit loh. Jadi, kan enak beli bahan-bahannya terus nanti tinggal dibikin di rumah. Bunda juga jadi tahu kualitas bahan yang mau dipake buat keluarga bagus nggaknya. Jadi, tetep aman. Anggaran belanja juga nggak bakalan membengkak. Kalo tinggal di kampung yang rame, Bunda juga bisa kok buka usaha Tahu Gejrot di sekitar rumah. Selamat mencoba ya!

sumber