Berlangganan

Resep Tahu Aci Khas Jawa Tengah. Jajanan Populer. Irit Dan Nggak Ribet 😎👍



Indonesia memang kaya kulinernya, enggak cuma makanannya tapi juga beberapa jajanan. Bahkan hampir setiap daerah punya jajanan khas masing-masing yang unik dan rasanya yang nikmat. Misalnya aja tahu aci yang belakangan ini jadi jajanan populer kalangan anak muda.

Tahu aci sendiri sebenarnya hampir sama dengan beberapa jenis tahu lainnya, hanya saja dibikin dari tahu kuning dengan bentuk persegi empat. Kemudian dibelah jadi dua siku-siku dan dijadikan adonan dengan campuran tepung kanji, kemudian potongan daun kocai, dan beberapa jenis bumbu lainnya. Sekarang ini resep tahu aci banyak digunakan sebagai bahan jualan pedagang kaki lima.

Tahu aci sendiri asalnya datang dari kabupaten Tegal, biasanya di Slawi. Kalok jalan-jalan di daerah Tegal pasti banyak lihat pedangan tahu aci dip pinggir jalan. Tapi sekarang ini enggak cuma di Tegal Jawa Tengah, banyak juga daerah lain yang mencoba jualan tahu aci. Nama lain dari tahu aci sendiri yaitu tahu tegal atau tahu kuping yang mungkin jauh dikenal oleh orang luar. Nah, tahu aci ini cocok banget Bunda buat suguhan ketika sedang kumpul dengan keluarga. Bahkan bisa juga jadi hidangan ketika ada arisan di rumah atau pengajian. Rasanya yang gurih dan enak bisa bikin para tamu ketagihan loh Bunda. Untuk resep tahu aci bisa Bunda pelajari dan bikin sendiri di rumah.

Sebenarnya bikin tahu aci sendiri di rumah jauh lebih irit dan rasanya juga bisa disesuaikan dengan selera Bunda. Cara bikinnya enggak terlalu ribet kok Bunda, bahannya juga gampang di temukan di sekitar kita. Nah, ini bahan sama langkah buat bikin resep tahu aci sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 10 buah tahu kuning, belah 2 dan ambil sedikit bagian tengahnya, sisakan 100 gram untuk adonan aci

Bumbu rendaman tahu :

  • 2 siung bawang putih + garam, haluskan beri air secukupnya

Bahan aci :

  • 100 gram tepung kanji
  • 1 sdm / 20 gr tepung trigu
  • 100 gram tahu hancurkan
  • 1 batang daun bawang potong
  • 2 siung bawang putih ulek
  • 1/4 sdt kaldu instant
  • 1/4 sdt gula
  • 1/2-3/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 50 ml air

Langkah Membuat

1. Rendam tahu dgn rendaman. Kukus sebentar. Sisihkan.


2. Campur semua bahan aci. Isi ke tahu sampai habis dgn bantuan garpu. Goreng dalam minyak panas dgn api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Selamat mencoba.


3. Lanjut Bun..


4. Isi ke tahu sampai habis dgn bantuan garpu.


5. Goreng dalam minyak panas dgn api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Selamat mencoba.


Saran Penyajian

1. Kalo udah jadi, bisa ditarok di mangkuk saji.

2. Sediakan saos sambal di mangkuk kecil.

3. Tahu aci siap dinikmati sama keluarga.

Itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep tahu aci di rumah. Bikin cemilan tahu aci buat kumpul keluarga pasti jadi suguhan special loh Bun, selain karena unik rasanya juga enggak kalah enaknya. Caranya juga enggak ribet kan? Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber