Berlangganan

Resep Soto Ayam Bening Super Praktis. Bumbu Tinggal Iris dan Geprek



Kalau ada orang hajatan atau arisan nih di rumah, menu soto ayam bening sering disajikan sebagai menu yang palng populer. Nah, kenapa nih soto ayam bening? Selain rasanya yang lezat dan aromanya wangi, bikin soto ayam bening itu ternyata nggak banyak habisin biayanya.

Soto ayam bening di beberapa daerah begitu khas. Misalnya, soto Lamongan. Nah, soto ini emang persisi kayak sup ayam, bedanya kuahnya warna kuning karena adanya tambahan kunyit. Soto juga banyak loh di temukan di berbagai daerah di Singapura. Soto di buat dengan tambahan bahan lainnya seperti irisan kentang, telur rebus, bawang goreng, dan juga seledri. Selain itu, menyajikannya buat keluarga juga tergolong simpel. Bunda bisa makan pakai nasi putih hangat atau juga lontong. Kemudian, tambahkan pula kerupuk, sambal, dan juga koya (campuran bawang putih dan tumbukan kerupuk) untuk melengkapi sajian.

Bunda juga bisa kok cobain bikin resep soto ayam kuah kuning buat sarapan, makan siang, atau juga makan malam. Bikinnya juga gampang dan cepet, jadi nggak bakalan makan waktu. Bahkan kalo Bunda jalan-jalan dan makan di rumah makan besar, soto bisa jadi menu andalan loh. Nah, untuk bikinnya, nggak perlu harus punya banyak pengalaman di dapur kok. Bunda bisa pakai resep berikut supaya bantu Bunda memperkirakan takaran bumbu dan bahannya. Sebelum siap memasak, cek dulu ketersediaan bahan yang sudah Bunda siapkan. Jangan sampai ada yang ketinggalan ya!

Bahan-bahan

  • 500 gr Daging Ayam (Cuci Bersih)
  • 1200 ml Air
  • Secukupnya Minyak Goreng
  • 6 Siung Bawang Merah (Iris tipis)
  • 7 Siung Bawang Putih (Iris tipis)
  • 2 Batang Daun Bawang (Iris Kasar)

Bumbu Iris ::

  • 4 cm Lengkuas (Dimemarkan)
  • 3 cm Jahe (Dimemarkan)
  • 3 cm Kunyit (Dimemarkan)
  • 1 Batang Sereh (Dimemarkan,ikat)
  • 2 Lembar Daun Salam
  • 2 Lembar Daun Jeruk Purut

Bumbu Pelengkap ::

  • 1/2 sdt Ketumbar Bubuk
  • 1/3 sdt Lada Bubuk
  • 1 sdt Kaldu Bubuk
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula Pasir

Pelengkap ::

  • Nasi Putih
  • Soun Basah
  • irisan Kol
  • Cabe Rebus
  • Irisan Seladri
  • Irisan Tomat
  • Bawang Goreng
  • Jeruk Nipis
  • Tempe/Perkedel Goreng

Langkah Membuat:

1. Rebus air hingga setengah mendidih,masukkan daging ayam, bumbu iris dan bumbu pelengkap..masak daging ayam empuk. Kecilkan api, Angkat daging ayam,sisihkan, lalu saring/angkat ampas bumbu irisan pada kuah soto tadi.


2. Ditungku lain panaskan minyak goreng,kemudian goreng irisan bawang putih dan bawang merah hingga keemasan.


3. Lalu langsung masukkan bawang goreng tadi kedalam kuah soto, masukkan juga irisan daun bawang,aduk rata,tes rasa ya.


4. Lanjutkan menggoreng ayam hingga kecoklatan, yang nantinya daging ayam akan disuwir sebagai pelengkap soto.

5. Penyajian, siapkan mangkuk, beri isian semua pelengkap,suwiran ayam dan kuah soto.


6. Soto ayam bening ala bunda siap disajikan.

Resep soto ayam bening ini warisan leluhur loh Bun. Jadi, Bunda yangnyobain bikin resep soto ayam bening wajib bangga. Soalnya, tinggal Bunda wariskan aja nih resepnya turun-temurun ke keluarga. Supaya tetap bikin kuliner Indonesia tetep terjaga. Bahan-bahan yang digunakan bener-bener alami, juga gampang kok dicari. Jadi, nggak bakalan bikin Bunda ribet kalo mau bikin soto ayam bening. Disisi lain, menunya juga sehat, soalnya nggak pakai santan kelapa nih. Nah, ketimbang beli soto ayam bening di warung makan, enaknya kalo bikin di rumah, mengundang keluarga yang lain untuk dateng, dimakan bareng Opa juga Oma, rasanya seru aja ya! Selamat mencoba ya Bun!

Sumber