Berlangganan

Resep Serundeng Daging Sapi Nikmat. Cocok Untuk Dikonsumsi Sendiri / Dijual.



Bunda udah pernah tahu serundeng? Makanan khas dari Indonesia yang biasanya sering digunakan sebagai temannya maka. Nah, serundeng ini terbuat dari beberapa bahan yang dipadukan jadi satu. Misalnya aja ada kelapa yang digoreng sampai kecoklatan dan dipadukan dengan bumbu seperti bawang putih, cabai, bawang merah, kunyit, ketumbar, asam jawa, gula, dan beberapa bahan yang lainnya.

Rasanya memang enak dan bikin ketagihan. Biasanya serundeng ini bisa bertahan lama, jadi cocok banget buat jadi temen makan ketika sedang di rumah. Tapi ada juga resep serundeng daging sapi yang enggak kalah enaknya dan banyak disukai orang.

Mungkin udah enggak asing sama serundeng daging sapi dan banyak juga orang yang menjualnya. Tapi daripada beli mending bikin sendiri Bunda di rumah, selain jauh lebih irit rasanya juga bisa disesuaikan dengan selera keluarga. Serundeng daging sapi ini juga bisa juga jadi teman makan suguhan ketika sedang ada hajatan. Rasanya yang khas pasti bikin para tamu menikmati hidangan di rumah Bunda. Nah, siapa tahu dengan membuat sendiri banyak teman Bunda yang minat dan memesan. Lumayan sebagai tambahan penghasilan di rumah. Cara bikinnya juga enggak terlalu ribet kok Bunda, resep serundeng daging sapi sudah jadi makanan yang banyak diminati orang sebagai teman makan yang lezat.

Nah, buat bikin sendiri bahan yang dipakai juga gampang dicari. Selain itu, langkah membuatnya juga enggak terlalu ribet.Bunda bisa menyesuaikan porsi yang dibutuhkan kalok bikin sendiri di rumah. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep serundeng daging sapi di rumah yang jauh lebih special lagi.

Bahan-bahan

  • 600 gram daging sapi, potong 4cm
  • Secukupnya air untuk presto
  • 250 gram kelapa parut
  • 3 daun salam
  • 3 daun jeruk
  • 2 iris lengkuas, geprek
  • 2 serei, geprek
  • 30 gram gula merah, sisir
  • 3 biji asam
  • Secukupnya gula pasir, garam
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • Secukupnya minyak sayur

Bumbu halus :

  • 12 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 cm jahe
  • 1 ruas kunyit

Langkah Membuat

1. Presto daging dgn air secukupnya yg sudah diberi sedikit garam selama 1 menitan. Tiriskan.


2. Tumis bumbu halus dan rempah sampai wangi.


3. Masukkan daging yg sudah dipresto dgn sedikit air kaldunya, asam, gula, garam, kaldu bubuk lalu aduk rata.


4. Lalu masukkan kelapa parut.


5. Gunakan api kecil saat memasak, terus keruk dasar wajan sambil diaduk karena mudah gosong. Tambahkan sedikit minyak jika dirasa masih basah. Setelah kelapa dan daging agak kering akan mudah diaduk.


6. Koreksi rasanya. Masak sampai kelapa dan daging kering kuning kecoklatan butuh waktu lama sekitar sejam lebih. Matikan api. Angkat dan sajikan. Selamat mencoba.


7. Jadi deh.


Saran Penyajian

1. Kalo udah jadi, letakkan beberapa pada piring saji.

2. Kemudian hidangkan bersama dengan nasi hangat dan lalapan sayur.

3. Serundeng daging sapi sudah bisa dinikmati.

Itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep serundeng daging sapi sendiri di rumah. Enggak terlalu sulit dan bahannya juga gampang ditemukan bukan?. Buatan Bunda sendiri pasti rasanya jauh lebih special daripada harus beli. Untuk takaran, bumbu bahan bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan ya Bunda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terimakasih Bunda.

Sumber