Berlangganan

Resep Sempol Ayam Enak Dan Empuk. Dijamin Laris Manis



Bunda udah pernah denger makanan sempol ayam? Sempol ayam belakangan ini jadi jajanan yang banyak diminati loh Bunda. Khususnya untuk daerah Jawa Timur, soalnya sempol merupakan makanan khas dari Malang.

Tapi sekarang ini udah banyak ditemui di beberapa daerah lain. Sempol ayam merupakan jajanan yang terbuat dari tepung terigu dan ayam yang diberikan bumbu kemudian dibentuk di sebuah tusuk bambu yang panjang kemudian digoreng dengan baluran telur. Rasanya memang enak banget Bunda, enggak heran kalau banyak yang suka. Kalau di daerah Bunda enggak ada yang jualan, coba aja Bunda jualan di rumah pasti banyak yang suka dan laris manis, apalagi anak-anak yang suka jajan. Resep sempol ayam enggak susah kok Bunda, bisa dicoba kapanpun.

Selain bisa dijadikan lahan bisnis, sempol ayam ini juga bisa jadi cemilan waktu keluarga lagi kumpul di rumah. Pasti momen kumpul keluarganya makin hangat deh. Cemilan sempol ayam ini biasanya disuguhkan sama saos, jadi rasanya lebih enak dan terasa loh Bunda. Kalau Bunda penasaran dengan rasanya, bisa kok coba resep sempol ayam di rumah biar lebih enak lagi.

Bahan sama langkah buat bikin sempol ayam sebenarnya simpel banget Bunda, soalnya bahan yang dipakai bener-bener gampang dicari. Bukan cuma itu, tapi bikin sempol ayam juga enggak makan banyak waktu kok. Jadi enggak bakalan bikin capek dan ribet. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep sempol ayam sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan

  • 400 gr Daging Ayam (Dada)
  • 1/2 Potong wortel
  • 2 Tangkai daun bawang
  • 8 siung bawang merah goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk (opsi)
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 butir telur
  • 30 ml air es
  • 150 gr tepung tapioka
  • 2 sdm tepung terigu
  • Secukupnya Air Untuk Merebus

Pencelup :

  • 1 Butir Telur
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah Membuat:

1. Cuci bersih ayam buang tulang nya,potong dadu biar gampang di giling,masukan ke dlm food processor bersama bawang,gula,garam,wortel dan daun bawang beri -+ 30 ml air es, kemudian haluskan


2. Tambahkan tepung dan merica bubuk kemudian uleni,tes rasa.


3. Ambil sesendok adonan kepal2 dg tangan kemudian sematkan tusuk sate,rebus di air mendidih sampai mengapung/matang.


4. Jatahnya anak pke tusuk es krim soalnya klo pke tusuk sate kuatir bahaya nyucuk.


5. Bisa disimpen diwadah tertup dan masukin kulkas,atau langsung digoreng jg bs.celup ke dlm telur trus digoreng.


6. Sedikit Tips : Biar adonan tdk lengket waktu dibentuk, tetesi telapak tangan dg minyak goreng. (Saya lbh suka pke tangan telanjang ketimbang pke sarung tangan.


Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep sempol ayam sendiri di rumah. Mudah dan enggak ribet kan Bunda? Apalagi bahan yang dibutuhkan juga enggak terlalu mahal bandrolannya. Untuk rasa dan takaran porsi bisa Bunda sesuaikan sendiri ya sesuai kebutuhan dan selera keluarga di rumah, biar rasanya juga makin special Bunda.

Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber