Berlangganan

Resep Saus Kacang enaak (Bisa Untuk Cilok, Siomay, Batagor, Sate). Simpan Kulkas Biar Awet.



Saus kacang biasa kita temukan pada masakan Indonesia. Saus kacang di tambahkan pada masakan agar rasa dari masakan tersebut lebih nikmat dan menambah cita rasa. Sebenarnya mudah tidak sih membuat resep Saus Kacang enaak (bisa untuk cilok, siomay, batagor, sate itu ? jawabanya mudah sekali Bunda. Tapi sebelum menuju ke resep, yuk kita kenal dulu bahan dasar dari saus tersebut. Apalagi kalau bukan kacang tanah.

Pertama kali kacang tanah berasal dari Amerika Selatan. Dan mulai memasuki Indonesia dan di jadikan saus atau bumbu yang cukup populer di sebagian masakan Indonesia. Bahkan di negara non Asia , saus kacang kadang di sajikan bersama kentang goreng atau masakan yang di panggang. Untuk masakan Indonesia sendiri saus kacang identik dengan rasa manis dan pedas, yang berasal dari cabai dan gula jawa. Tanaman kacang tanah dapat tumbuh subur di Indonesia pada daerah yang memiliki iklim tropis. Banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang membudidayakan tanaman kacang tanah.

Untuk mendapatkan kacang tanah, sangatlah mudah. Bunda pergi saja ke pasar atau warung sekitar. Pasti menyediakan kacang tanah. Harganya juga cukup murah. Nah, Bunda penasaran dengan resep Saus Kacang enaak (bisa untuk cilok, siomay, batagor, sate ini? Jangan khawatir Bunda, di bawah ini ada resepnya yang di jamin mudah untuk Bunda praktekkan di rumah dan tidak ribet. Yuk cek resepnya.

Bahan-bahan

  • 250 gr kacang tanah
  • 500 ml air
  • 3 lmbr daun jeruk
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm minyak utk menumis

Bumbu halus:

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 5 cabe merah/rawit (kalau mau pedas)

Langkah Membuat

1. Goreng kacang tanahnya.. Jangan kegosongan ya ntar pahit. Tiriskan lalu haluskan.. Aku pakai blender, bisa pake chopper ya


2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum.. Masukkan daun jeruk, gula pasir, kecap, dan garam. Beri air sedikit.. Masak sampai sedikit mengental


3. Masukkan kacang dan air. Masak pake api keciil sampai keluar minyaknya dan saus kacangnya mengental.. Cicipi rasanya. Sesuaiin selera ya..


4. Selesaii..😉 jadinya lumayan banyak nih lumayan bisa buat stok cocolan macem2. Boleh disimpan dalam wadah tertutup ya.. Selamat mencoba


Mudah kan Bunda resep Saus Kacang enaak (bisa untuk cilok, siomay, batagor, sate) ini? Selain mudah, resep saus ini juga murah sekali biaya yang di keluarkannya. Bahkan bisa di simpan untuk kemudian hari, dengan cara di masukkan pada wadah yang tertutup dan di simpan dalam kulkas. Selain itu saus kacang yang di buat sendiri bisa di sesuaikan dengan selera pedas yang Bunda inginkan. Tinggal menambah atau mengurangi jumlah cabe yang ada di resep. Bunda juga bisa membuat saus kacang untuk si kecil dengan tidak menambahkan cabai di dalamnya. Nah, tunggu apa lagi, yuk segera di coba resep ini di dapur Bunda.

Sumber: