Berlangganan

Resep Sate Tempe. Enak. Lezat. Bikin Makan Jadi Lahap



Di Indonesia, sate sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sate merupakan salah satu makanan asli dari Indonesia. Makanan satu ini sering kita jumpai di berbagai tempat. Bahkan di Filipina, Singapura dan malaysia juga dapat kita temui makanan satu ini. Rasanya yang enak sering membuat kita ingin makan dan makan lagi. Sate biasanya terbuat dari daging ayam , daging kambing, daging sapi, daging kelinci dan yang akan kita bahas nih Bunda adalah resep sate tempe enak dan lezat.

Kita tahu bahwa tempe merupakan makanan yang terbuat dari kedelai yang di fermentasi. Prosesnya menggunakan ragi tempe. Bunda pasti tahu bahwa dalam tempe terdapat serat pangan, vitamin B , kalsium dan juga zat besi. Tempe juga bisa kita gunakan untuk menggantikan daging loh Bunda. Kata tempe berasal dari bahasa jawa kuno. Dulu terdapat makanan yang menyerupai tempe yaitu tumpi. Dan lama kelamaan menjadi muncul nama tempe.

Untuk para Bunda nih, Si kecil bosan dengan menu tempe yang itu-itu saja? Kalau tidak di goreng ya di semur. Nah Bunda bisa mengakalinya dengan membuat sate yang terbuat dari tempe. Selain sehat resep sate tempe enak dan lezat juga mudah sekali di buat. Bunda bisa mengajak si kecil untuk berkreasi sambil belajar dan ituNg – itung bantu Bunda di dapur. Yuk intip cara membuatnya.

Bahan-bahan

  • 2 papan tempe ukuran sedang

Bumbu Bakar:

  • 5 butir bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 sdm merica butir
  • 1 sdm ketumbar butir
  • 1 ons gula merah, iris tipis
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt kaldu bubuk (sy kaldu jamur)
  • secukupnya Kecap manis
  • 1 gelas belimbing air
  • 2 sdm maizena (larutkan dg sedikit air)

Langkah

1. Potong2 dadu tempe sesuai selera. Lalu goreng sebentar tidak perlu sampai terlalu kecoklatan ya. Bisa juga dikukus 20 menit an. Tusuk dengan tusukan sate.


2. Blender semua bumbu bakar + air kecuali kecap dan maizena. Masak sampai mendidih lalu masukkan kecap manis sesuai selera, cicipi rasanya,tambahkan Gula Garam kalau kurang. Kalau sudah pas.. terakhir masukkan larutan maizena, aduk sampai sedikit mengental. Siap digunakan.


3. Lumurin tempe dengan bumbu bakar, diamkan sebentar supaya meresap, selagi itu panaskan pembakaran/teflon.


4. Bakar tempe sambil dibolak-balik sampai matang. Silahkan jika mau dikucuri dengan kecap atau diolesi bumbu bakar lagi.. (bakar pakai arang langsung pasti lebih enak) ini saya pake alat bakar dari batu


5. Sajikan sate tempe sambil dikucuri kecap manis.. Yummy😊


6. Kalau nggak dikasih tau/diperhatikan betul sate tempe ini mirip banget bentuknya dengan sate ayam ya, apalagi baunya saat dibakar.. hmm jangan lupa siapkan nasi hangat & sambal ya😅 Selamat mencoba!


Saran Penyajian

1. Sajikan sate tempe selagi hangat

2. Bisa juga di makan dengan nasi, Bunda juga bisa menambahkan aneka salad atau sayuran mentah seperi selada dan timun agar terasa lebih nikmat dan mantab.

Nah, itu tadi Bunda resep sate tempe enak dan lezat yang bisa di coba untuk mengganti daging agar senantiasa terjaga kesehatannya dan mengurangi biaya belanja karena tempe relatif murah sedangkan daging sedikit menguras kantong. Selain itu Bunda juga bisa mengajak anak untuk menyukai tempe meski dalam olahan yang lain. Apalagi membakar sate tempenya Bunda lakukan di luar ruangan, seperti halaman rumah sambil membuat tenda dan api unggun kecil. Wah, tambah seru dan asyik kan Bunda? Yuk segera di coba resepnya.

Sumber: