Berlangganan

Resep Sambel Tumpang. Sederhana Dan Praktis Banget. Dijamin Enak!



Kalo Bunda yang tinggal di daerah Kediri, mungkin udah nggak asing kali ya denger nama Sambel Tumpang. Nah, untuk yang belum denger nih, wajib cobain resep sambel yang satu ini. Itung-itung bisa tambah daftar resep sambel, terutama untuk keluarga Bunda yang doyan banget sama makanan pedas.

Sambel Tumpang memang asalnya dari Kediri Bun, Jawa Timur. Sambel yang satu ini bener-bener khas. Nah, sebenernya Sambel Tumpang ini adalah hasil modifikasi sambel pecel. Bumbu sambel tumpang dan sambel pecel itu sama loh. Bedanya, sambel tumpang ini ditambahin tempe yang udah dihaluskan.

Menariknya lagi nih Bun, tempe yang dipakai untuk bikin sambel tumpang ini bukan sembarang tempe. Pasalnya, tempe yang dipake ini bukan tempe yang masih bagus loh, tapi tempe yang sudah busuk. Lah? Iya, Bun. Tempe busuk maksudnya bukan tempe yang basi. Tempe yang busuk biasanya tempenya sudah terfermentasi total, jadi teksturnya lembek. Ketimbang buang-buang tempe yang lembek gara-gara bingung mau dimasak kayak gimana, Bunda cobain aja deh resep sambel tumpang ini.

Penasaran dong gimana cara bikinnya? Jangan kuatir deh Bun. Soalnya Bunda bisa cobain bikin resep sambel tumpang dengan ngikutin langkah-langkahnya berikut ini. jangan lupa ya Bun periksa dulu semua bahannya satu per satu sebelum mulai. Selamat mencoba deh!

Bahan-bahan

  • 400 gram tempe semangit , potong-potong
  • 4 siung Bawang putih
  • 2 buah bawang merah (100 gram)
  • 2 buah Cabe merah besar
  • 8 buah cabe rawit
  • 1 sdt gula palm
  • 2 buah daun jeruk, sobek-sobek
  • secukupnya Garam
  • 1 sdt kencur bubuk ( bisa diganti 1cm kencur segar)
  • 600 ml air, untuk merebus
  • 500 ml santan
  • Sayur (direbus):
  • 150 gram buncis, potong-potong
  • 1 buah wortel, potong-potong
  • 150 gram bayam ( 1 ikat) potong-potong
  • 150 gram tauge.

Langkah Membuat:

1. Rebus semua bahan, kecuali garam, gula, kencur (bubuk). Jika memakai kencur segar, kencur ikut di rebus.


2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe lalu tambahkan kencur bubuk. Tumbuk tempe, tidak usah terlalu halus. Tambahkan daun jeruk( tidak perlu di tumbuk).


3. Masukkan ke dalam panci, beri santan, garam dan gula. Masak sampai matang. Cicipi rasa. Angkat dan sajikan


4. Cara penyajian. Taruh sayuran yang telah direbus di mangkok / piring. Siram dengan sambel tumpang di atasnya.


Nah, untuk menyajikan sambel tumpang nih, kita juga bisa hidangkan lalapan sayur. Sayur apapun nih, tinggal direbus dan dicocol pakai sambel yang satu ini. Atau, Bunda juga bisa kok tambahin kacang dan rempeyek teri supaya hidangan untuk disajikan bener-bener lengkap. Kalo Bunda dan keluarga suka petai nih, sambel tumpang bakalan terasa lebih sedap dan gurih.

Gimana nih Bunda? Gampang kan cara bikinnya? Bahan-bahannya juga sederhana, Bunda nggak perlu habisin banyak uang untuk sajian yang lezat dan sedap. Apalagi nih, Bunda bisa kok masak tempe mentah yang lupa dimasak dari kemarin. Begitu tau tempenya lembek, jangan dibuang ya Bun. Bunda cobain aja masakan yang satu ini. Sajiannya juga tambah lengkap soalnya ada lalapan sayur di meja makan.

Sumber