Berlangganan

Resep Sambel Roa Asli Manado. Wajib Coba!



Indonesia kaya sekali akan kulinernya, banyak makanan khas yang dimiliki oleh setiap daerah. Biasanya ada ciri khas masing-masing dari tiap daerah tentang kulinernya. Salah satunya sambel roa kuliner yang terkenal datang dari Manado. Roa sendiri merupakan jenis ikan yang biasanya ditemukan di perairan Sulawesi Utara. Ikan roa inilah yang nantinya akan jadi olahan sambel dengan rasanya yang sangat khas dan mantap. Ikan roa biasanya diasap terlebih dahulu sebelum diolah untuk jadi sambel.

Rasa dan aroma dari ikan roa sangat khas, enggak heran kalau rasa sambelnya juga enak. Nah, Bunda sudah pernah mencoba untuk masak sambal roa di rumah untuk keluarga? Mungkin untuk para Bunda yang tinggal di Manado teman makan sambal roa ini sudah nggak asing lagi. Tapi untuk Bunda yang berada di luar daerah Manado bisa mencoba resep sambal roa di rumah.

Rasa gurih yang keluar dari sambel ini sebenarnya berasal dari bumbu-bumbu yang alami seperti bawang merah, tomat, dan harumnya berasal dari ikan roa. Makan dengan ditemani sambal roa bersama keluarga memang jauh lebih enak. Apalagi kalau keluarga dirumah semuanya hampir suka dengan masakan pedas. Buat bikin sambal roa sendiri di rumah sebenarnya enggak terlalu susah dan bisa jadi makanan yang spesial kalau Bunda belum pernah masak sambal roa. Resep sambel roa sebenarnya hampir sama dengan beberapa jenis sambal yang lainnya kok Bunda.

Karena enggak jauh berbeda dari beberapa bahan membuat sambel biasanya, bahan yang dibutuhkan juga sangat umum ditemukan di sekitar kita. Hanya saja ikan roa yang mungkin sedikit susah untuk dicari di beberapa daerah lainnya. Langkah buat bikinnya juga enggak terlalu ribet Bunda. Berikut ini beberapa bahan dan langkah buat bikin resep sambal roa sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 3 ekor Ikan Roa Asap
  • 75 gr Bawang Merah
  • 200 gr Tomat
  • 100 gr Cabe rawit
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdm Gula (kalo mau gurih bisa ganti micin 1/8sdt)

Langkah Membuat

1. Bersihkan ikan roa, buang kulit, kepala, ekor dan tulang-tulangnya


2. Goreng ikan roa sebentar saja


3. Haluskan ikan roa


4. Haluskan cabe


5. Iris halus bawang merah


6. Iris tomat


7. Tumis bawang merah hingga kekuningan


8. Masukan cabe, aduk rata


9. Masukan tomat, aduk rata


10. Masukan ikan roa halus, aduk rata


11. Masukan garam dan gula, aduk rata


12. Siap dihidangkan


Nah, itulah Bunda beberapa bahan dan langkah untuk membuat resep sambal roa sendiri di rumah. Caranya simpel dan mudah untuk dilakukan kan Bunda?. Untuk takaran pedasnya bisa disesuaikan dengan selera Bunda dan keluarga di rumah ya. Semoga bermanfaat Bunda dan selamat mencoba. Terima kasih.

Sumber