Berlangganan

Resep Sambel Goreng Labu, Tahu, Buncis. Bikin Lebaran Makin Istimewa



Lebaran tinggal beberapa minggu aja nih, Bun. Nah, biasanya nih kalo lebaran menu yang wajib disuguhkan adalah menu lontong sayur. Jadi, kalo nggak ada lontong sayur, pasti kayak ada yang kurang. Karena Indonesia ini kaya dengan kulinernya, beberapa daerah juga menyajikan menu yang spesial loh buat lebaran. Salah satunya adalah memasak sambal goreng. Sambal goreng labu siam ini cocok dijadikan pelengkap buat lontong sayur.

Ngomongin tentang sambal goreng labu, kreasinya nggak selalu sama loh, Bun. Beberapa penikmatnya mungkin tambahin petai, atau udang supaya rasanya lebih sedap dan tampilannya lebih istimewa. Tapi, Bunda juga bisa kok cobain cara yang lebih praktis, misalnya nih tinggal tambahin tahu dan buncis. Kalo di keluarga kami sih, rata-rata selalu tambahin telur puyuh buat pelengkapnya.

Ngomongin menu yang satu ini malah bikin kangen momen lebaran deh, sumpah. Jadi, kalo Bunda bingung nih lebaran mau menyajikan apa buat keluarga dan sanak saudara yang lagi kumpul di rumah, cobain aja bikin resep sambal goreng labu tahu buncis kayak di resep berikut. Bahan-bahannya sederhana kok. Bunda tinggal siapin labu siamnya, tahu, ditambah buncis. Nggak masalah sih kalo mau ditambah bahan lainnya sesuai selera. Yang jelas menu yang satu ini enak banget.

Nah, sebelum mulai masak menu ini, bunda harus ngilangin dulu getah labu siam. Caranya gampang banget. Bunda tinggal ambil labu siam, terus dibalur pake garam dan diremas-remas. Tinggal dicuci bersih dengan air mengalir deh. Kalo doyan pedas, Bunda tinggal tambahin cabai sesuai selera. Nih, langsung aja deh Bun simak resepnya. Oh iya, ini jadinya 4 porsi. Kalau mau bikin banyak, tinggal tambahin deh bahan-bahan dan bumbunya.

Bahan-bahan:

  • 1 buah labu siam (400 gram) kupas potong-potong remas dengan garam
  • 150 gram tahu coklat (7 buah) potong jadi dua
  • 200 gram buncis, siangi, potong-potong
  • 500 ml santan
  • 1 sdm ebi
  • 2 lembar daun salam
  • secukupnya gula pasir
  • secukupnya garam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 buah bawang merah (berat 50 gram) haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 4 buah cabe merah besar

Langkah Membuat:

1. Siapkan bahan-bahan


2. Tumis bumbu halus ( bawang merah, cabe, bawang putih) tambahkan lengkuas dan daun salam juga ebi.


3. Masukkan santan, tunggu hingga mendidih. Masukkan labu siam dan buncis. Tunggu setengah matang, tambahkan tahu juga garam dan gula pasir. Aduk-aduk sampai matang. Angkat. Hidangkan.


Gimana Bun? Gampang kan bikinnya? Belanja labu siam, tahu, dan juga Buncis nggak bakalan bikin dompet Bunda kering kok. Tapi, tetep bisa menikmati sajian lebaran yang bener-bener lezat. Pokoknya, kalo liat ada tahu di kulkas dan bingung mau masak apa, Bunda tinggal olah aja menu kayak gini.

Sumber