Berlangganan

Resep Sambal Teri Pokak/Takokak. Gurih Pedasnya Ngena' Banget!



Bunda pernah denger sambel teri pokak takokak? Nggak semua Bunda pasti tau dong olahan masakan yang satu ini. Yap, soalnya memang masing-masing daerah punya nama julukan untuk masakan tersebut. Nah, kalo di tempat saya nih namanya Pokak. Sedangkan di daerah lain mungkin nih ada yang tau, Cokowana namanya.

Disini pun, Pokak nggak dimasak atau dijadikan olahan sambel loh. Pokak seringkali dimasak pedas dengan parutan kelapa, untuk dijadikan sayuran. Agar sedap, ditambah potongan-potongan ikan. Jadi, masing-masing daerah punya cara sendiri gimana menyajikan Pokak ini. bahkan, nggak banyak kok warung yang menyediakan masakan sambal pokak. Mau cobain nggak? Menu tradisional ini juga ternyata enak banget kalo dijadikan sambel. Kalo mau ambil sayur Pokak ini, ibu mertua saya harus ke kebun dulu. Soalnya, kayaknya nggak ada deh kalo nyari Pokak di pasar. Kalopun ada, pasti susah banget nyarinya.

Pokak atau Takokak ini ternyata manfaatnya segudang loh, Bun. Buah ini kalo nggak diolah, ya rasanya bakalan pait. Ukuran pohonnya sih kecil, terus ada duri dan banyak rambutnya. Tapi kalo bunganya nih, ada 5 kelopak, warnanya putih. Nah, buahnya yang diambil untuk diolah jadi masakan. Rata-rata buahnya punya garis tengah cuman 1 cm aja. Selain bagus untuk mencegah tulang keropos, Pokak juga berkhasiat untuk mengobati mata, mengatasi koreng atau bisul, mengatasi batuk kronis, mastitis, dan masih banyak lagi.

Ngomong-ngomong, sambel pokak cara bikinnya gampang banget. Bahan utamanya tetep Pokak ini. Jadi kalo mau nyobain bikin resepnya nih, harus pastiin ada stock Pokak. Untuk Bunda yang punya kebun atau pekarangan dengan tanaman Pokak ini, waktunya dieksekusi nih resepnya. Dijamin deh nggak bakalan nyesel karena udah cobain.

Bahan-bahan

  • 100 gram pokak/takokak
  • 50 gram ikan teri
  • 2 lembar daun jeruk
  • secukupnya Gula dan garam

Bumbu halus:

  • 5 buah Bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah besar
  • 7 buah cabe rawit merah

Langkah Membuat:

1. Goreng ikan teri sampai matang dan kering. Sisihkan


2. Keluarkan isi pokak dengan cara di ulek kasar, agar mudah dikeluarkan isinya saya rebus sebentar atau bisa juga langsung di ulek ya, sesuai selera saja.


3. Tumis bumbu halus, tambahkan pokak/Takokak. Beri air, masak sampai matang. Tambahkan ikan teri m, gula dan garam, aduk rata dan masak sampai bumbu meresep. Angkat


4. Sajikan


Nah, gimana nih, Bun? Duh, sedepnya punya menu baru sambal Pokak, ditambah teri lagi. pasti gurih dan pedasnya bener-bener nyatu dan nggak bakalan bisa berenti sebelum perut bener-bener kenyang. Dijamin nih, rasanya nggak ada duanya. Bikin betah di depan piring dan terus cocol sambalnya. Selamat mencoba ya, Bun. Semoga keluarga suka!

Sumber