Berlangganan

Resep Sambal Penyet Ikan Panggang. Aromanya Mantap. Pedasnya Nendang Banget



Siapa sih keluarga yang bisa tinggalin menu ikan panggang sambal penyet begitu aja ketika mereka sampai di rumah? Pasti deh, Bun. Nggak ada. Dijamin. Ketika suami pulang kantor, taruh sepatu dan tas, dan begitu lihat menu yang satu ini di meja makan, nggak mungkin deh bakalan keluar rumah buat melakukan aktifitas lainnya.

Tampilan yang menarik, aromanya yang mantap, dan sajiannya yang lengkap tentu bikin semua keluarga punya selera untuk makan bersama. Apalagi kalo disajikan siang hari, ditambah nasi panas yang pulen, sambel panggangnya yang pedas, dan ditambah kerupuk. Duh, rasanya pasti bakalan ngelupain semua bebannya masing-masing.

Untuk bikin sambal panggang nih, emang kudu pedas, ya Bun. Jadi, kalo nggak pedas tuh kayak ngak nendang. Untuk cari ikan panggang, Bunda bisa kok pergi ke pasar tradisional. Atau, Bunda juga bisa pesen ke pedagang sayur keliling, jadi nggak ribet. Untuk keluarga yang doyan makan makanan pedes nih, menu ikan panggang sambal penyet ini pasti menu yang wajib dicoba. Selain rasa pedesnya yang nantang banget, mereka nggak bakalan kehilangan selera makan deh kalo ngadepin menu yang satu ini. Tapi, bukan berarti keluarga yang nggak suka makan pedes nggak bisa pakai menu ini ya. Bunda bisa kok kurangin posi cabainya buat mengurangi rasa pedasnya.

Selain itu, bikinnya juga nggak makan waktu. Bahkan, 30 menit aja bisa kok menyajikan menu yang satu ini. Asal semua bahan udah siap aja ya, Bun. Nah, Bunda bisa ikutin resep bikin ikan panggang sambal penyet ini. Semua bahannya gampang dicarinya kok. Jadi jangan buru-buru mikir kalo masaknya bakal ribet ya.

Bahan-bahan:

  • 4 Ekor Ikan Panggang
  • Secukupnya Minyak Goreng

Bumbu Halus ::

  • 2 Siung Bawang Putih
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Penyedap Rasa
  • Secukupnya Air

Bahan Sambal ::

  • 12 Cabe Rawit (Opsional)
  • 5 Cabe Merah Keriting
  • 2 Siung Bawang Putih
  • 2 Buah Tomat
  • 100 ml Minyak Goreng Bekas menggoreng ikan

Bumbu Pelengkap Sambal ::

  • 1/2 sdt Terasi Matang
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Penyedap Rasa
  • Secukupnya Gula Pasir
  • 1 Buah Jeruk Limau

Pelengkap ::

  • Daun Singkong Rebus
  • Terong Goreng
  • Tempe Goreng
  • Ketimun

Langkah Membuat:

1. Siapkan wadah beri bumbu halus dan air secukupnya,aduk rata kemudian bumbui ikan panggang.


2. Panaskan minyak goreng ikan panggang hingga matang, angkat dan tiriskan.


3. Mebuat sambal, panaskan minyak goreng sisa menggoreng ikan tadi, masukkan semua bahan sambal masak hingga layu.


4. Lalu tuang ke dalam cobek, dan beri bumbu pelengkap sambal,uleg hingga halus,dan memarkan jeruk limau hingga keluar air jeruknya,uleg rata kembali.


5. Sambel penyet ikan panggang dan pelengkapnya siap disajikan dengan nasi hangat.. Nikmatnyaa...


Buat bikin menu yang kayak gini juga nggak harus selalu pakai ikan pari kok. Di beberapa daerah juga bisa pakai jenis ikan lainnya. Yang penting sih banyak dagingnya dan keset. Nah, tinggal Bunda cuci dan bumbui deh. Ikutin resep di atas, dan sajikan. Jangan lupa beli mentimun juga beberapa lembar daun kemangi. Dijamin deh, makannya bakalan fokus semua. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber