Berlangganan

Resep Sambal Matah Super Enak Dan Wangi. Rasanya Nendang Banget!



Sambal merupakan saus pedas yang disiapkan dari cabai yang telah di lumatkan, sehingga muncul rasa pedas dari sari cabe tersebut nih, Bun. Dan, nggak cuman cabai aja sih yang jadi bahan dasarnya. Biasanya ditambahi dengan garam juga terasi supaya lebih nendang rasanya. Untuk rasa pedas pada sambal bisa tergantung dari seberapa banyak cabe yang di tambahkan.

Sambal sendiri merupakan masakan asli Indonesia. Saat ini banyak sekali kreasi dari sambal yang bisa Bunda jumpai di berbagai daerah, mulai dari sambal asam jawa, sambal bajak, sambal dabu-dabu manado, sambal kecap, sambal korek, resep sambal matah dan masih banyak lainnya.

Nah pada kali ini yang akan di share adalah sambal matah Bunda. Bunda pasti tahu dong sambal matah berasal dari mana? Yup, dari Bali. Dan yang paling sering biasanya disajikan di daerah pesisir kota Bali seperti Jimbaran, pantai Sanur dan pantai Lebih. Sebenaranya nggak jauh beda ya Bun antara sambal matah dan sambal lainnya. Bahan dasarnya tetap cabai dan bahan lainnya. Tetapi sambal matah ini punya ciri khas yaitu menambahkan minyak kelapa asli dan air perasan jeruk nipis, yang sayang jika Bunda tidak mencoba merasakannya dan membuatnya sendiri.

Dari pada Bunda ppenasaran yuk cek resep sambal matah super enak dan wangi di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 50 gr Bawang Merah
  • 25 gr Bagian Putih Sereh / Serai
  • 25 gr Cabai Rawit
  • 5 lbr Daun Jeruk
  • 5 buah Jeruk Limau
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula Pasir
  • 3 sdm Minyak Kelapa / Minyak Sayur Panas
  • 4 gr Terasi --- OPTIONAL (Saya pakai merk ABC)

Langkah Membuat

1. Iris halus bawang merah, sereh, cabe dan daun jeruk


2. Bakar terasi sebentar, haluskan dengan garam dan 2 sendok makan campuran cabe


3. Masukan campuran terasi dan campuran cabe, tambahkan gula pasir, air jeruk, dan minyak panas. Tekan-tekan dengan sendok atau remas dengan tangan (jgn lupa pakai plastik).


4. Sambal Matah siap dihidangkan


Saran Penyajian

1. Untuk menambah cita rasa bisa di beri air jeruk nipis agak banyak supaya lebih segar dan wangi

2. Sambal bisa di sajikan untuk cocolan aneka masakan atau gorengan seperti ikan bakar, ikan goreng, tahu goreng dan tempe goreng

3. Bisa juga di santap dengan nasi hangat nih Bunda, semakin enak dan mantab

Mudah kan Bunda resep sambal matah di atas? Yuk ambil peralatan dapurnya dan siapkan bahan-bahannya, langsung buat. Untuk selera pedas Bunda bisa menambah cabai rawit. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali menghabiskan banyak uang. Kalo Bunda di rumah bisa membuatnya sendiri, kenapa nggak dicoba ya, Bun? Dan yang pasti resep diatas rasanya enak dan sama seperti sambal matah khas Bali. Bunda masih ragu? Jangan ragu Bunda, ayo coba dan rasakan enaknya yang tiada tara. Semoga bermanfaat dan selamat memcoba.

Sumber: