Berlangganan

Resep Roti Tawar Empuk Homemade



Oh ya...Roti tawar ini udah jadi salah satu menu sarapan wajib, terutama bagi orang-orang di luar negeri karena emang disana makanan pokoknya adalah gandum yang jadi bahan utama pembuat roti. Roti tawar berbahan utama dari gandum atau tepung terigu yang baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan protein yang tinggi.

Roti tawar enak untuk dijadikan menu sarapan yang praktis, lezat dan super sehat. Menikmatinya bisa diolesi pake mentega, meses, selai atopun di makan begitu saja. oh ya... untuk membuat kue panggang juga bisa ato campuran membuat pudding. Banyak banget ya ternyata menu yang berbahan dari campuran roti tawar. Roti tawar, teksturenya lembut, enak di santap kalo masih baru. Roti tawar yang bagus dan sehat tentunya tanpa bahan pengawet apapun, sehingga pada umumnya roti tawar ngga bisa bertahan lama jadi jangan dikonsumsi kalo udah berjamur ato udah melewati tanggal kadaluarsa.

Nah daripada harus beli roti tawar mahal-mahal, lebih baik membuatnya sendiri di rumah, karena bisa menghemat pengeluaran dan tentunya lebih sehat. Resep roti tawar ini cukup sederhana dan mudah untuk bisa dicoba sendiri di rumah. Bunda bisa mengikuti resep dari bunda wiwit kumala ini, karena resep ini recommended banget, dijamin roti mengembang sempurna, lembut dan empuk lebih lama.

Bahan - bahan :

  • 250 g tepung terigu protein tinggi (cakra)
  • 1 butir telur + susu cair ditimbang sampai mencapai berat 170 g
  • 40 g mentega/ margarin
  • 40 g gula pasir
  • Sejumput garam

Langkah - langkah :

1. Dalam mangkok besar masukkan tepung dan ragi aduk rata

2. Tuang telur dan susu

3. Uleni hingga setengah kalis

4. Masukkan mentega dan garam uleni hingga kalis elastis

5. Timbang adonan yang sudah kalis seberat 50 g (atau sesuai selera) tata dalam loyang yang sudah diolesi mentega (beri jarak antar adonan satu dengan yang lain)

6. Tutup adonan yang sudah ditata dengan lap/ serbet lembab

7. Diamkan 45 menit sampai adonan mengembang 2x lipat


8. Olesi permukaan adonan dengan kuning telur


9. Panggang 20 - 25 menit 180 dc

10. Setelah matang langsung olesi dengan kuning telur


Semoga resep ini bisa jadi referensi untuk bunda di rumah kalau mau mencoba membuat roti tawar buatan sendiri. Selamat mencoba. Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya bunda.

Sumber