Berlangganan

Resep Rendang Daging Dan Kacang Presto. Enak, Empuk, Harumnya Seruangan Deh!



Resep Rendang Daging Dan Kacang Di Presto Enak

Momen lebaran atau momen kumpul dengan keluarga di hari besar tentu harus dirayakan dengan masakan yang enak dan menagihkan. Biasanya kalau lebaran para Bunda di rumah coba bikin masakan rendang yang udah khas banget. Nah, rendang sendiri merupkan masakan daging dengan rasanya yang pedas terus menggunakan campuran berbagai bumbu yang bikin rasanya makin menagihkan.

Rasanya yang khas bikin banyak orang suka banget sama menu rendang. Masak rendang dimomen spesial bersama keluarga pasti jadi hal yang menyenangkan Bunda. Kalau mau masakan rendangnya lebih enak, Bunda juga bisa masak rendang dengan dipresto lebih dulu, jadi dagingnya bener-bener empuk. Resep rendang daging dan kacang presto bisa jadi alternatif yang pas ketika lebaran Bunda.

Selain disuguhkan ketika lebaran, masakan rendang juga cocok-cocok aja kok disuguhkan ketika Bunda punya hajatan di rumah. Pasti para tamu banyak yang suka dan lahap makannya. Rendang biasanya memang dijumpai di rumah makan Padang, tapi kalau Bunda masak sendiri di rumah pasti rasanya jauh lebih spesial. Enggak cuma itu Bunda, bahkan kalau masak sendiri di rumah lebih irit juga. Karena rendang udah gampang banget ditemukan di daerah manapun, pasti masak resep rendang daging dan kacang presto jadi menu yang special banget Bunda.

Kalau untuk bahan-bahan yang dipakai buat masak rendang daging dan kacang emang gampang di cari di pasar, soalnya emang bahannya udah umum. Tapi yang bikin capek ada proses masaknnya yang butuh waktu berjam-jam sampai rendang jadi kering. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep rendang daging dan kacang presto sendiri di rumah yang bisa diikuti.

Bahan-bahan:

  • 750 gr (hati dan daging sapi, potong2)
  • 150 gr kacang putih (rendam dulu semalaman)
  • 500 ml santan kental dr 1 btr kelapa
  • 200 ml santan encer
  • 1 btg sereh ukuran besar (2 btg kalau kecil)
  • 1 lbr daun kunyit (kalau bisa jangan di skip)
  • 3 lbr daun jeruk
  • 3 lbr daun salam
  • 1 bh bunga lawang
  • 3 bh cengkeh
  • 2 cm kayu manis
  • 1 bh asam kandis
  • Bumbu halus :
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 12 bh cabe merah keriting
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jempol jahe
  • 1 ruas jempol lengkuas
  • 3 btr kemiri
  • 1/4 sdt jinten
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm bubuk rempah rendang asli padang (boleh skip)
  • Secukupnya garam dan lada bubuk

Langkah Membuat:

1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan semua bahan (kecuali daging. kacang dan santan). Masukkan daging dan hati, masak sebentar sampai teksturnya sedikit kaku. Matikan api kompor.


2. Masukkan semua tumisan tadi kedlm panci presto, tambah kan santan encer nya. Presto 15 menit dihitung dr saat mendesis.


3. Setelah 15 menit. Pindahkan ke wajan bekas tumisan tadi, tambahkan santan kental dan kacang. Masak lagi sampai kuah menyusut, kacang empuk dan santan mengeluarkan minyak. Kekeringan rendangnya sesuai selera saja.


4. Note : bisa tambah air matang bila dirasa kurang saat proses akhir (diwajan). Oya ini foto penampakan kacang putihnya yaa.


5. Haruuuuum seruangaan.


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep rendang daging dan kacang presto sendiri di rumah Bunda. Cukup memakan waktu memang, tapi rasanya juga enggak mengecewakan kok Bunda. Untuk takaran bahan dan porsi bisa Bunda sesuaikan ya. Semoga bermanfaat, selamat mencoba Bunda dan terima kasih.

Sumber