Berlangganan

Resep Putu Ayu Pelangi. Kue Basah Yang Selalu Di Hati 😍😍



Resep putu ayu pelangi cocok untuk dicoba loh, Bun. Ya, mungkin Bunda sudah biasa membuat kue putu ayu dengan warnanya yang identik hijau. Nah, gimana kalau mencoba sesuatu yang baru, seperti membuat adonannya dari berbagai warna, layaknya pelangi? Tentu bakal menarik si kecil yang susah banget makan ya Bun. Selain itu, warnanya juga bikin gemes yang mau makan. Ketimbang susah makan dan sukanya jajan, akan lebih aman kalo Bunda bikinin Putu Ayu untuk anak deh. Undang juga beberapa temennya untuk main di rumah dan suguhkan Putu Ayu. Dijamin, anak pasti memakannya dengan lahap.

Putu Ayu adalah salah satu kue basah khas Indonesia. Cara bikinnya yaitu dengan dikukus. Selain rasanya yang lezat, kue ini dilengkapi dengan parutan kelapa yang ditabur. Gurih banget pastinya! Bukan hanya itu, anak-anak juga bakal seneng nih kalo lihat camilan yang satu ini. Rasa manis dan gurihnya banyak yang suka. Belum lagi dengan warnanya yang mencolok.

Kue putu ayu juga mudah banget bikinnya. Agar rasanya gurih, kelapa parut yang Bunda gunakan sebaiknya yang nggak terlalu tua di bagian atasnya. Selain bahan-bahannya gampang banget dicari, kue putu ayu adalah salah satu kue basah yang cocok untuk para Bunda yang masih belajar bikin kue. Soalnya, langkah-langkah membuatnya juga nggak ribet. Kalau belum bisa, Bunda bisa kok coba belajar mengikuti resep dan langkah-langkahnya berikut. Jadinya 10 porsi, cukup banyak kan? Kalo mau bikin yang lebih banyak, tinggal ditambahin aja porsinya Bun ya.

Bahan-bahan

  • 150 gram tepung terigu serba guna (segitiga)
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt cake emulsifier (sp)
  • 125 gram gula pasir butir halus(kastor)
  • 125 ml santan kekentalan sedang
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt vanilla
  • 100 gram kelapa parut
  • Sejumput garam
  • secukupnya pewarna makanan (merah, orange, hijau, biru dan ungu)

Langkah Membuat

1. Siapkan semua bahan. Kukus kelapa parut yang dicampur dengan garam, kurang lebih 10 menit. siapkan cetakan olesi dengan minyak, beri parutan kelapa, padatkan. Sisihkan


2. Mixer telur gula dan cake emulsifier (sp) sampai mengembang kental


3. Masukkan tepung terigu mixer dengan kecepatan rendah sampai rata bergantian dengan santan. Begitu seterusnya sampai semua habis


4. Bagi adonan menjadi 5 mangkok beri pewarna makanan, aduk rata. Lalu tuang kedalam cetakan yang sebelumnya sudah diberi kelapa parut di dasar cetakan.


5. Kukus selama kurang lebih 20 menit (kukusan harus sudah panas dan tutupnya diberi serbet, agar air tidak menetes ke adonan putu ayu)


6. Angkat, keluarkan dari cetakan


7. Sajikan


Nah, gimana nih Bun, gampang kan cara bikinnya? Oh iya, bakalan lebih enak kalo disajikan selagi hangat nih Bun. Kue putu ayu bisa dicoba kapan aja. Enak buat jualan, buat camilan nonton bola, buat temen santai, buat temen rame-rame bareng keluarga, bahkan buat acara formal seperti tasyakuran atau lebaran. Bahkan, untuk si kecil yang doyan jajan pun pasti bakalan suka dengan kue yang satu ini.

Sumber