Berlangganan

Resep Nastar Jagung. Tampil Beda Daripada Yang Lainnya!



Cookies itu emang ngga ada habisnya ya untuk dikreasikan, cookies satu ini selain fancy, gurih, manis dan juga enak di pandang. Bikin cookies ngga harus kalo hanya saat akan hari raya saja kok, untuk cemilan sehari - hari juga nikmat daripada harus membeli cemilan di luar kan.

Nah untuk membuat nastar jagung yang yahuud bisa nih di intip resep milik bunda Fitri Sasmaya berikut, langsung di simak aja yukk

Bahan-bahan :

Bahan selai :

  • 1 kg nanas tanpa kulit ( 2 buah nanas ukuran besar )
  • 220 gram gula pasir warna kecoklatan
  • 4 cm kayu manis
  • 5 buah cengkih
  • sejumput garam

Bahan nastar :

  • 100 gram margarin
  • 150 gram mentega/butter
  • 2 butir kuning telur
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdt vanilla extract
  • 300 gram tepung terigu serba guna
  • 20 gram susu bubuk full cream
  • 50 gram tepung maizena

Bahan olesan:

  • 2 buah kuning telur ayam (warna orange)
  • 2 sdm minyak canolla (bisa pakai minyak sayur yang lain)
  • 1/2 sdt susu kental manis

Langkah - langkah :

1. Buat selainya: parut nanas, taruh diwajan masak sampai kering airnya, tambahkan gula, garam, kayu manis dan cengkih, aduk - aduk sampai kering lalu angkat, dinginkan dan bentuk bulat - bulat sebesar 1/2 sdt atau sesuai selera.


2. Siapkan semua bahan


3. Mixer gula, vanillla ekstrak, mentega, margarin dan kuning telur, kurang lebih 1 menit >jangan terlalu lama mengocok nanti nastarnya melebar saat dipanggang.


4. Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, aduk dengan spatula kayu sampai rata.


5. Jangan sampai over mix ya


6. Ambil adonan kurang lebih 3 sdm lalu beri warna hijau daun, secukupnya saja (punya saya kebanyakan )


7. Ambil adonan tanpa warna sebesar 1 sdt lalu beri isian


8. Bentuk bulat lonjong, bagian atas lebih besar dari bagian bawah


9. Lalu kerat - kerat dengan punggung pisau (saya pakai punggung pisau buah). Ambil sedikit adonan hijau pilin -pilin bagi 2, pipihkan


10. Tempel di bagian atas samping nastar, rapikan


11. Susun di atas loyang, olesi loyang dengan margarin, tipis - tipis saja. Lalu oven dengan suhu 150℃ selama 30 menit, sesuaikan dengan oven masing - masing ya


12. Keluarkan dari oven, biarkan dingin, baru di oles


13. Campur bahan olesan


14. Oles satu persatu


15. Saya oles 1x saja. Diamkan kurang lebih 5 menit agar permukaan olesan sedikit mengering


16. Lalu oven kembali dengan suhu 100℃ selama 10-15 menit atau sampai olesan kering dan mengkilap


17. Angkat dan dinginkan, lalu masukkan di toples


18. Tekstur dalamnya, empuk, lumer


19. Note jadi sekitar 55 buah ya. Sekitar 1 1/2 toples 500 gram.


20. Nb: foto pisau yang saya gunakan yaa, ato bisa juga pakai garpu, lidi ato yg lainnya.


Selamat berkreasi serta share resepnya ke orang sekitar ya. Indahnya berbagi 

Sumber