Berlangganan

Resep Membuat Nastar Keju Lumer di Mulut



Wah, tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan ya, Bunda. Saat berbuka biasanya merupakan saat-saat yang ditunggu banget oleh seluruh anggota keluarga. Biasanya Bunda punya jurus tersendiri supaya suami dan anak-anak betah berbuka puasa di rumah. Salah satunya adalah dengan menyiapkan camilan unik saat berbuka.

Hmm, kira-kira bulan ramadhan kali ini Bunda mau siapin menu cemilan, ya? Jika Bunda masih bingung, apalagi setiap tahun selalu membuat camilan itu-itu lagi, tentu di bulan puasa kali ini Bunda harus membuat sesuai yang spesial.

Bunda jangan khawatir, kami akan kasih Bunda resep membuat nastar keju lumer yang pasti disukai anggota keluarga di rumah. Jarang kan nastar isinya keju lumer, biasanya kan paling isi nanas. Gimana? Penasaran kan, Bun?

Dalam membuat nastar, Bunda harus memperhatikan betul ketepatan adonannya. Sebab, kadang banyak juga yang suka gagal saat mencoba membuat nastar dar beberapa resep. Ada yang nastarnya gampang ancurlah, kekerasanlah, atau bahan yang kurang pas yang bikin rasanya jadi hambar. Tapi dengan resep yang satu ini, bunda nggak perlu khawatir. Karena resepnya cukup mudah dan tentu akan menghasilkan nastar yang gurih, padat, dan nggak mudah hancur.

Oke, kalau gitu langsung aja yuk bunda siapkan bahan-bahan untuk membuat nastar keju lumernya.

Bahan-bahan:

  • 250 gr butter (pas adanya Anchor)
  • 250 gr margarine (aku pake Blue Band cake&cookies)
  • 100 gr gula halus
  • 2 btr kuning telor
  • 100 gr keju edam, parut halus
  • 500 gr tepung kunci
  • 100 gr maizena
  • 100 gr susu bubuk (aku pake Dancow)

Bahan olesan:

  • 1 btr kuning telor
  • pewarna makanan warna kuning telor (aku nggak pake)

Topping:

  • 25 gr keju cheddar parut (aku pake Kraft)

Langkah pembuatannya:

1. Mixer butter, margarine, gula halus kurang lebih 5 menit sampe agak pucet. Masukkan kuning telor, kocok rata sebentar aja.


2. Tambahkan keju edam parut, aduk rata pake spatula. Masukkan tepung kunci, maizena, dan susu bubuk sambil diayak 3 bagian. Aduk rata pake spatula, jangan pake tangan yaaa... Wajib pake spatula! Aduknya juga jangan berlebihan, kalo udah rata kayak gini (foto di sebelah) udah cukup. Tutup pake plastic wrap, masukkan kulkas 1 jam.


3. Sambil nunggu 1 jam itu, aku bulatin selai nanas buat isiannya. Pas kebetulan lagi rajinnn...aku bulatin @3gr an, biar sama gedenya isiannya.

4. Kalo udah sejam, ambil adonan sedikit2, sisanya biar tetap dalam kulkas. Nanti ambil lagi sedikit kalo udah habis, gitu seterusnya yaa.... Aku juga timbangin adonannya @9gr. Pipihkan adonan, taruh selai nanas di tengah, tutup rapat terus bulatkan ya... Tata di loyang yg sudah dialasi. Aku pake alas kertas silpat, enak beli ini bisa dipake bolak balik krn bisa dicuci dan nggak lengket sama sekali. Nggak perlu oles2 loyang juga..


5. Olesi bagian atas pake kuning telur, kasih taburan keju parut biar tambah cantik... Oven pake suhu 150 derajat selama 40 menit. Aku taruh loyang di rak atas, biar ndak gosong bawahnya... Dinginkan sampe bener2 dingin yaaa kalo udah mateng, baru masukkan toples atau wadah kedap udara.



Gimana Bun, gampang banget kan? Siapa coba yang nggak ngiler, kalau saat berbuka disuguhkan kue nastar keju lumer? Anak-anak di rumah pasti suka. Sudah nggak ada lagi deh tuh acara jajan-jajan saat berbuka puasa.

Dengan resep ini, Bunda bisa membuat nastar dengan variasi yang berbeda dari biasanya. Selain itu, Bunda juga lebih hemat biaya. Coba aja bandingkan kalau Bunda beli nastar di Supermarket, harganya tentu jauh lebih mahal dnegan rasa dan kualitas yang belum tentu baik. Kalau bikin sendiri, rasa bisa disesuaikan, nggak keluar budget banyak, dan tentunya bisa dikreasikan sesuka hati Bunda.

Sumber