Berlangganan

Resep Lekker Holland Pandan/ Lekker Holland. Gurih Diluar, Lembut Didalam



Bunda tau kan jajanan lekker? Nah, lekker Holland Pandan itu nggak sama dengan jajanan lekker yang dijual abang-abang di pinggir sekolah yang mirip crepes itu. Resep Lekker Pandan Holland itu beda, nama aslinya adalah boterkoek. Nama lainnya juga Dutch Buttercake. Selain rasanya yang manis dan gurih, aroma pandannya juga kuat dan wangi butter-nya yang khas.

Soal tekstur, sebenarnya lekker Holland ini dibuat dengan paduan cookies dan cake. Jadi, tekstur dalamnya bener-bener empuk, sedangkan tekstur luarnya begitu renyah dan crunchy. Kalau dilihat sih, cakenya tampak padat, seolah-olah bantat, padahal ya enggak. Kue Lekker Holland ini juga unik soalnya kuenya tuh nggak begitu lembut kayak cake, dan nggak serenyah cookies.

Membuat Lekker Holland ini nggak serumit yang Bunda bayangin kok. Soalnya, memang langkah-langkahnya juga mudah, bahannya juga nggak segitu banyak. Sehingga, cocok nih dicoba untuk Bunda yang sedang belajar bikin kue. Kalau mau, Bunda juga bisa kok tambahin toppingnya sesuai selera. Beberapa topping yang bisa Bunda coba nih adalah almond, keju, kismis, atau chocochips. Nah, penasaran nggak nih sama resep Lekker Hollandnya? Nih, Bunda bisa simak semua langkah dan bahan yang dibutuhkan. Sekalinya nyoba, pasti Bunda langsung suka dengan rasa gurih dan manis, gak ada yang bisa menandingi cita rasanya. Topping juga bisa seadanya.

Bahan-bahan

  • 100 gr butter (wisjman)
  • 100 gr margarine (blueband)
  • 140 gr gula halus
  • 200 gr tepung kunci
  • 1 butir telur
  • 1 sdt pasta pandan
  • Toping
  • Keju

Langkah Membuat:

1. Kocok semua bahan kecuali tepung dengan kecepatan tinggi sampai mengembang..

2. Masukkan terigu.. aduk dengan spatula


3. Siapkan loyang beri alas kertas baking.. masukkan adonan. Ratakan


4. Buat motif dengan garpu


5. Sesuai selera ya pemirsa


6. Beri toping.. karena drumah adanya keju dan males kepasar.. jadilah ini aja.. bagusnya kenari ma chocochips pemirsa


7. Ini lupa oles kuning telur pemirsa.. wkwkkkk.. dipanggang dgn suhu 180.. selama 35 menit.. tergantung oven masing2


8. Setellah dingin.. potong2.. sajikan


9. Kapan kapan mau bikin lagi... pemirsa.. biar fotonya cetar


Nah, gimana Bun? Tinggal sajikan deh kue Lekker Holland yang sudah Bunda buat. Untuk penyajiannya, Bunda bisa lengkapi dengan secangkir teh atau kopi yang hangat. Dijamin deh, Bunda pasti suka kue yang satu ini. apalagi aroma butternya bener-bener kuat. Jadi bener-bener bikin perut keroncongan buat siapun yang mencium aromanya. Hasilnya juga lumayan banyak loh Bun, jadi bisa dimakan bareng-bareng keluarga. Dibagi ke tetangga juga bisa, mumpung momen Ramadhan harus bisa berbagi kebaikan sebanyak-banyaknya nih Bun. Bahkan, tetangga Bunda mungkin bakalan kaget karena cita rasanya yang gurih dan lembut, disangkanya Bunda habis beli tuh kue.

Sumber