Berlangganan

Resep Kue Lapis Populer. Manis. Lembut. Enak Banget.



Resep kue lapis selalu populer di kalangan Bunda. Kue yang satu ini memang adalah warisan budaya Indonesia sejak lama. Ciri khasnya adalah warnanya yang berlapis-lapis, bisa dua warna, atau bahkan lebih. Jadi, persis seperti namanya ya, Bun. Untuk membuatnya, menggunakan beberapa bahan yang gampang dicari kok.

Misalnya, Bunda harus menyiapkan tepung beras, tepung kanji, garam, gula pasir, santan, dan juga pewarna sesuai selera. Untuk membuatnya, Bunda harus mengukus adonan. Mengukusnya tiap lapisan, kemudian dalam waktu tertentu bunda baru bisa menambahkan lapisan berikutnya.

Selain menggunakan pewarna makanan buatan, Bunda juga bisa kok menggunakan pewarna alami. Misalnya, Bunda bisa pakai daun pandan untuk membuat warna hijau. Sedangkan untuk warna merah bisa dengan menggunakan sirup bunga mawar.

Kalo Bunda sering ke pasar nih, kue lapis gampang banget dicarinya. Bentuknya persegi, adonannya juga berlapis-lapis dengan warna menarik. Kue yang bercitarasa manis ini juga punya tekstur yang lembut, tapi juga lengket. Karena masuk dalam salah satu kue basah tradisional di Indonesia, kue ini bisa disuguhkan untuk berbagai momen loh. Misalnya, Bunda bisa membuat kue lapis untuk arisan, tasyakuran, resepsi pernikahan, atau acara lainnya. Bahkan, bunda juga bisa kok menyuguhkannya untuk keluarga yang sedang kumpul di rumah. Berikut resepnya.

Bahan-bahan

  • 300 gr tepung sagu/tapioka
  • 150 gr terigu
  • 350 gr gula pasir
  • 1200 ml santan kental (santan instant)
  • 1/2 sdt pasta pandan
  • 3 lbr daun pandan simpulkan
  • 1 sdm garam (saya 1/2 sdm)
  • secukupnya pewarna makanan berwarna merah

Langkah Membuat:

1. Siapkan semua bahan


2. Masak santan, gula, garam dan daun pandan hingga mendidih, dinginkan.

3. Didalam wadah masukkan tepung sagu dan tepung terigu. tuang santan perlahan aduk rata sampai menyatu dan licin. Jika masih bergerindil saring lagi ya


4. Ambil 4 sendok sup kurang lebih 100ml (lalu beri pewarna merah). sisanya bagi dua sama banyaknya, satu beri pasta pandan satunya biarkan tanpa warna


5. Siapkan loyang lalu oles dengan minyak sayur (saya memakai loyang loaf ukuran 22*10*7 lalu masukkan dalam kukusan yg sudah dipanaskan biarkan sampai beruap). jangan lupa tutupnya harus dilapisi dengan kain lap yang bersih, tujuannya agar air tidak menetes ke kue lapis


6. Tuang tiap 4 sendok sayur (kira2 100 ml) >atau sesuai dengan selera. Masak setiap lapisnya kurang lebih 5 menit dan lapisan terakhir selama 20 menit hingga matang dan dinginkan lalu potong dengan memakai pisau yang dilapisi plastik, tujuannya agar tidak lengket dan hasil irisan menjadi bagus


7. Oh iya, ini Sendok sup yang saya pakai


Resep kue lapis sagu pandan bisa bunda coba di rumah. Bahan-bahannya yang ekonomis dijamin nggak bakalan bikin kantong Bunda bolong. Para ayah juga bakalan seneng kok nganterin Bunda belanja buat bikin kue lapis sendiri di rumah, apalagi kalo buat buka usaha. Bunda juga bisa nih melibatkan si kecil selama proses pembuatan. Walaupun dapur bakalan sedikit rame dan berantakan, tetap aja bakalan jadi momen yang membahagiakan buat si kecil.

Tinggal Bunda jadwalkan saja kapan nih mau bikin kue lapis sagu bareng buah hati. Akhir pekan atau masa liburan sekolah juga sangat cocok. Hasilnya nanti tinggal disuguhkan untuk keluarga di rumah. Lumayan buat ngemil di depan TV atau kalau lagi santai bareng keluarga. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber: