Berlangganan

Resep Kare Daging Sapi Buat Lebaran. Super Lezat dan Kental. Perut Kenyang, Semua Senang



Olahan daging sapi memang cukup banyak nih Bun, dari rawon, soto dan masih banyak lainnya. Nah, gimana kalo cobain bikin kare daging sapi nih, Bun? Kare atau kari sebenernya nih resepnya bervariasi. Bukan cuman berbeda di tiap negara loh, bahkan beberapa daerah punya satu dua bumbu yang berbeda. Yah, miriplah kasusnya kayak kreasi lumpia yang tentunya bisa berbeda di satu daerah dengan dareah lainnya. Bahkan, Gulai di negara kita ini juga terkenal sebagai salah satu jenis kare yang paling mantep loh di Nusantara. Keren kan?

Seperti namanya nih Bun, kali ini Bunda akan belajar bikin menu kari daging sapi. Bahan dasar yang digunakan tentunya adalah daging sapi Bun. Kenapa nih harus cobain bikin kare daging sapi? Soalnya rasanya bener-bener endes. Banyak yang suka banget dengan kare karena kuah santannya dan penggunaan bumbu, termasuk adanya kunyit yang bikin kuahnya nih tampak kuning segar. Kombinasi inilah yang bikin resep kare rasanya gurih dan aromanya kuat. Bukan cuman itu, menu ini jadi tambah lengkap deh kalo disuguhin pakai lontong. Pakai nasi putih juga bisa. Atau,

Bunda juga bisa menyuguhkannya dengan roti maryam dan roti jala. Duh, klop banget pokoknya!
Nah, bikinnya juga nggak bakalan bikin rugi kok Bun. Emang sih, daging sapi kian hari kian mahal. Apalagi setiap bulan Ramadhan kayak gini. Tapi, kalo pas lebaran menyajikan menu daging sapi kayak kare daging sapi gini nggak masalah. Duit bisa dicari lagi. Yang penting perut kenyang, semua keluarga juga senang. Walaupun butuh perjuangan nih buat mengolah masakan yang satu ini karena bumbunya seabrek, tapi citarasanya nggak bakalan bisa bikin siapapun nolak. Nggak percaya? Cobain deh. Nih, resep lengkap cara membuat kare daging sapi yang harus Bunda coba.

Bahan-bahan

  • 1 kg daging sapi campuran
  • 3 biji kentang
  • 2 biji wortel
  • 2 batang serei
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 1 biji bawang bombay

Bumbu halus

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 biji cabe merah
  • 5 biji cabe rawit
  • Seruas jahe
  • Seruas kencur
  • Seruas kunyit
  • 8 biji kemiri sangrai
  • 2 buah tomat
  • Sejumput ketumbar
  • Secukupnya Gula merah garam Dan penyedap bila suka
  • 400 ml santan kental
  • Secukupnya minyak
  • 1000 ml air

Langkah Membuat:

1. Cuci bersih daging sapi kemudian potong menurut selera,lalu rebus selama 5 menit angkat Dan tiriskan.

2. Halus kan semua bahan bumbu dengan mengunakan blender,kemudian tumis bumbu hingga wangi Dan masukkan serei daun jeruk Dan lengkuas.tumis bumbu sampai benar" masak tua.

C

3. Setelah bumbu masak masukan daging sapi aduk hingga rata.


4. Pindahkan daging ke dalam panci kemudian di beri air.biarkan daging masak sampai mendidih,lalu kecilkan api masak kembali selama 2 atau 3 jam, hingga daging lunak. Setelah air kuah agak mengering lalu masukan santan kental dan rebus kembali.


5. Jika ingin kare yang sedap saya inepkan semalam,kemudian ke esokan hari nya baru di masak kembali Dan masukan kentang wortel,Dan bawang bombay rebus hingga bahan Sayuran masak.


6. Ini hasil jika kare di inepkan semalam


7. Sajikan.


Nah, gimana nih Bun? Kalo bosen lebaran selalu suguhin opor ayam, waktunya Bunda ganti menu nih untuk keluarga yang udah jauh-jauh dateng dari kampung buat mudik dan menjalin silaturrahmi. Waktunya menyenangkan mereka dengan berbagi yang lezat-lezat. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber