Berlangganan

Resep Gulai Nangka Muda. Lembut. Aromanya Mantap 🍲🍲



Sudah pernah cobain bikin Gulai Nangka belum nih, Bun? Gulai Nangka nih termasuk salah satu jenis sayuran. Sama kayak namanya, bahan dasar yang digunakan adalah nangka muda. Nah, nangka muda ini kemudian diolah, dicampur dengan santan dan juga bumbu rempah lainnya loh. Alhasil, rasanya bener-bener lezat dan enak. Untuk proses pembuatannya juga praktis dan mudah. Jadi, jangan sampe nih Bunda nggak mau cobain bikin Gulai Nangka soalnya kayak ribet banget. Nggak kok Bunda bikinnya justru sederhana. Bahkan, Bunda bisa sajikan di rumah untuk keluarga atau tamu nih.

Alasan lainnya kenapa harus cobain resep gulai nangka adalah soalnya kuah sedapnyaini bikin suasana keluarga jadi meriah. Nangka muda atau gori juga bisa kok dicampur dengan potongan kacang panjang, terus juga ditambah dengan penyedap masakan favorit Bunda. Karena yang dimasak adalah nangka muda, rasanya bener-bener empuk dan sedap aromanya. Jadi, buat masak Nangka Muda nggak harus diolah jadi gudeg ya, Bun.

Nah, agar masakannya enak, lezat, dengan tekstur nangka mudanya yang lembut, Bunda bisa simak resep dan langkah membuatnya berikut. Jangan lupa buat periksa kembali semua bahan-bahannya ya, Bun. Jangan sampai nih ada yang ketinggalan atau bikin momen memasakBunda jadi kacau. Nih dia nih, resep yang bisa Bunda coba. Yuk cobain deh! Resep ini jadi 6 porsi ya.

Bahan-bahan:

  • 350 gram nangka muda, rebus (saya ganti pakai nangka dalam kaleng)
  • 3 lembar kol, iris
  • 8 lonjor kacang panjang(saya ganti 10 buah buncis) potong-potong
  • 2 sdm air asam (saya 1sdt pasta asam)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 liter santan
  • 500 ml santan kental(saya memakai 270 santan kental)
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 6 buah cabe merah besar (saya 3 buah)
  • 8 buah bawang merah (saya 2buah ukuran besar)
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir

Langkah Membuat:

1. Siapkan semua bahan


2. Tumis bumbu halus sampai harum masukkan daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Masukkan santan encer nangka buncis dan kol dan santan kental. Beri asam, masak sampai matang. Cicipi rasa. Angkat


3. Siap disajikan


Jadi, Gulai nggak harus berbahan daging ayam, ikan, kambing, jeroan, atau daging lainnya ya, Bun. Dengan nangka muda Bunda udah bisa loh bikin masakan gulai. Selain nangka muda, Bunda juga bisa cobain pakai daun singkong. Bumbunya yang khas disertai aromanya yang lezat dan warna kuahnya yang identik kuning bikin siapapun bakalan tertarik untuk menyantapnya loh.

Untuk menikmati gulai nangka muda nih, Bunda bisa menghidangkannya dengan nasi putih yang masih panas. Bahkan, ada loh gulai yang enak banget meskipun disantap dengan roti canai, misalnya nih gulai kambing. Nah, sekarang Bunda punya koleksi resep baru nih untuk keluarga. Jangan lupa untuk dicoba ya, begitu liat ada nangka muda nangkring di meja pasar, beli dan langsung masak deh.

Sumber: