Berlangganan

Resep Es Cendol Seger. Bikin Dahaga Langsung Hilang.



Siapa sih yang bisa nolak segernya es cendol? Apalagi di tengah puasa dengan cuaca yang terik, Bunda? Ngeliat es cendol di secangkir gelas yang mengembun pastinya cuman bikin semua nelen ludah. Ya, puasa emang paling enak berbuka dengan menu yang seger-seger, apalagi es cendol yang udah populer. Bahkan, anak-anak udah banyak yang ngerengek minta dibeliin es cendol kalo ada orang jualan yang lewat. Nah, kenapa nggak coba bikin es cendol buat buka puasa, Bun? Gampang kok caranya.

Selain rasanya yang nikmat, bikin es cendol buat buka puasa dan langsung meneguknya rasanya kayak ilang semua rasa haus, tenggorokan kering, atau bahkan badan yang semula rasanya lemes jadi seger. Buat bikinnya juga ternyata nggak butuh dana yang banyak. Yap, bahkan dengan coba resep es cendol berikut, bunda sudah bisa bikin 4 porsi loh. Nah, untuk yang keluarga besar, tinggal didobelin aja porsi resepnya biar bisa buat banyak orang.

Dengan cobain sendiri nih, Bunda juga bisa jamin kalo semua bahannya bener-bener aman buat keluarga. Nggak kebayang kan kalo pedagang es cendol langganan Bunda ternyata masukin pemanis buatan atau bahan-bahan yang nggak layak lainnya yang dikonsumsi untuk jangka panjang? Duh, ngeri kan ya? Walaupun lebih praktis beli nih, tapi kalo kita nggak tau apa aja tuh yang dicampur disitu, airnya bersih nggak, dan lainnya tentu bakalan bikin rugi. Ketimbang Bunda manggut-manggut sendiri nih, baca aja resep berikut. Simak semua bahannya, siapkan, dan bikin deh!

Bahan-bahan

  • 1 bungkus tepung hunkwee
  • 2 sdm tepung tapioca
  • 1 sdt garam
  • 600 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • Secukupnya pewarna makanan hijau
  • 200 gram gula jawa
  • Santan dari 1 butir kelapa

Langkah Membuat:

1. Campur bahan menjadi satu,tepung hunkwee tepung tapioca garam dan air aduk hingga rata.


2. Masak bahan adonan hingga matang dengan api kecil sambil trus dia aduk


3. Setelah adonan cendol matang langsung di cetak dengan sarangan yang berlubang dan di masukkan ke dalam air matang.


4. Untuk gula jawa rebus secukup nya air dan masuk kan daun pandan,setelah gula masak saring terlebih dahulu,kemudian sisihkan.

5. Begitu pula untuk santan,ambil yang kental nya saja rebus sambil terus di aduk supaya santan tidak pecah.


6. Es cendol siap untuk di sajikan.


Nah, gimana nih Bunda? Gampang banget kan? Selain enak disajikan saat siang, es cendol juga tetep enak kok disajikan waktu pagi hari. Bikin es cendol sendiri yuk di rumah. Cocok kok buat selingan es kelapa muda atau es pisang ijo. Daun pandan jangan sampai lupa supaya aromanya kemana-mana, Bun. Biar lebih menarik, Bunda juga bisa tambahin daun suji sebagai pewarna. Tapi, daun suji kayaknya rada sulit nyarinya deh. Jadi bisa pakai pewarna khusus makanan. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber