Berlangganan

Resep Donat Kentang - Super Empuk Super Lembuttt... 🍩🍩



Selamat sore Bunda, sedang bingung mau buat camilan yang lezat dan tentunya bisa di makan siapa saja? Nah, bagaimana kalau Bunda di rumah mencoba membuat resep donat kentang super empuk dan lembut. Makanan satu ini paling di sukai anak-anak karena rasanya yang enak dan terdapat taburan meises atau kacang yang tentunya menarik mata.

Akan tetapi Bunda, kali ini bahan yang di gunakan adalah kentang bukan dari tepung terigu. Di luar negeri, kentang sendiri merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Akan tetapi hal ini tidak berlaku di Indonesia. Karena makanan pokok kita adalah nasi sedangkan kentang hanya sebagai sayur dan makanan olahan lainnya.

Donat kentang memiliki nama lain Spudnut. Tekstur dari donat kentang itu sendiri lebih ringan dari pada yang terbuat dari tepung terigu. Akan tetapi pada dasarnya pembuatan resep donat tidak jauh berbeda dengan resep donat pada umumnya. Perlu bunda ketahui pada kentang terdapat berbagai jenis vitamin seperti Vitamin A , Vitamin B kompleks, Vitamin C dan asam folat. Selain itu ada juga kandungan mineral, protein, karbohidrat dan zat solanin. Zat solanin itu sendiri berguna sebagai obat penenang, anti jamur dan juga anti kejang. Jadi selain sebagai camilan yang enak, Bunda juga mendapatkan berbagai vitamin dan gizi dari donat kentang yang tentunya di butuhkan oleh tubuh anak untuk perkembangannya.

Yuk, dari pada Bunda penasaran seperti apa sih pembuatan resep donat kentang super empuk dan lembut itu? Berikut adalah bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan

  • 250 gr tepung terigu protein tinggi (25 sdm) bisa mix dg pro.sedang
  • 100 gr kentang kukus dihaluskan (5-7 sdm)
  • 1 sdm susu bubuk
  • 40 gr gula pasir (3 sdm)
  • 1 butir telur utuh
  • 40 gr margarin (3 sdm)
  • 1/4 sdt garam halus

Bahan Biang

  • 1 sdt ragi instant (fermipan/saff)
  • 1 sdt gula pasir
  • 75 ml air hangat (5 sdm)

Langkah

1. Aduk rata bahan biang. Diamkan 15 menit sampai berbusa sprti ini


2. Campur semua bahan donat (kecuali margarin dan garam). Tambahkan bahan biang, aduk rata. Uleni sampai setengah kalis (kalau adonan terlalu kering bisa ditambah beberapa sendok air) lalu masukkan margarin dan garam. Uleni lagi sampai kalis elastis (akan terbentuk membran tipis yg tdk putus ketika ditarik). Harus benar2 kalis elastis ya kalau mau donat empukk, saya uleni pakai hand mixer spiral karena capek kalau pake tangan terakhir bulatkan adonan


3. Diamkan selama 45-1 jam sampai adonan mengembang 2x lipat yah, kempiskan. Uleni sebentar cukup sampai menyatu


4. Bagi menjadi beberapa bagian (sekitar 10-12 bagian) lalu bulatkan masing2 dan diamkan 10 menit. Tekan sedikit lalu lubangi dengan spuit/tutup botol. Saya pakai spuit lubang besar. Diamkan kembali 10 menit


5. Panaskan minyak dengan api kecil, ambil donat lalu goreng dengan sekali balik saja supaya tidak menyerap banyak minyak ya. Goreng dengan urutan yg pertama kali dibentuk agar tidak over proffing


6. Adonan yg benar2 kalis akan terbentuk white ring yg cantik


7. Tiriskan donat lalu beri topping sesuai selera.. Dirumah gini aja udah ludess wkwk (padahal aslinya males bikin topping. Abaikan bentuk yg ga karuan ya maklum gapake cetakan; ga telaten ngebentuk hehe


8. Dipakein gula halus ala2 donat jadul, enakk


9. So kempus lembut mengembang gendutt wkwkwk, empuknya tahan 3 hari beneran ya asal ditaruh diwadah tertutup/diplastikin


10. Ini seratnya.. Kayaknya cucok nih dijadiin roti goreng, next mau coba ah


11. Happy baking.. Semoga bermanfaat ya

Saran Penyajian

1. Bunda bisa menyajikan donat ini dengan aneka toping seperti meises coklat atau warna warni, bisa juga dengan coklat di taburi kacang

2. Sajikan bersama susu untuk si kecil dan teh hangat untuk Bunda

Itu tadi resep donat kentang super empuk dan lembut yang bisa Bunda praktekkan di rumah. Selain enak, dengan membuat sendiri donat kentang maka Bunda bisa tahu bahan-bahan yang di gunakan dan kualitas dari donat tersebut. Jadi tidak perlu khawatir lagi kan. Selain itu juga bisa Bunda jadikan bisnis loh. Dijual atau di titipin ke warung. Lumayan kan bisa buat tambahan uang jajan untuk anak dan menambah kesibukan Bunda di rumah. Selamat mencoba.

Sumber