Berlangganan

Resep Donat Empuk. Super Enak, Pasti Mengembang



Kayaknya hampir semua orang udah pernah nyoba makan yang namanya donat nih. Donat atau yang punya nama lain donut adalah sejenis makanan yang digoreng dan dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan juga mentega. Nah, Bunda di rumah udah pernah nyoba resep donat empuk enggak nih di rumah? Soalnya donat banyak disukai, dengan bentuknya yang khas kayak cincin dimana ada lubang dibagian tengah.

Rasanya yang enak banget emang bikin semua orang ketagihan sih. Tapi asal usul dari jajanan donat ini masih jadi perdebatan loh Bun, pasalnya ada salah satu teori yang bilang kalo dobat di bawa ke Amerika oleh imigran dari Belanda dan bikin donat jadi terkenal. Satunya lagi bilang kalo dibikin sama kapten kapal asal Demark. Sekalipun sumbernya masih belum jelas, enggak jadi soal yang penting rasanya masih enak.

Biasanya donat ini sering dipakai buat makanan hidangan ketika punya hajatan. Soalnya rasanya yang enak dan bikinnya yang enggak terlalu sulit jadi banyak digunakan. Tapi enggak cuma bisa dipakai buat suguhan hajatan aja kok, bahkan untuk makanan kecil ketika kumpul di rumah juga akan terasa special. Apalagi kalo Bunda nyoba bikin sendiri di rumah, rasanya pasti lebih special. Kalo rasanya enak, bisa juga jadi peluang buat bisnis, lumayan bisa nambah pemasukkan. Resep donat empuk memang enggak bisa sembarangan masaknya, tapi kalo Bunda bikinnya dengan resep yang sesuai pasti hasilnya juga maksimal.

Bikin donat yang empuk bukan masalah yang perlu dikhawatirkan, soalnya bahan-bahan yang dipakai juga gampang tersedia di sekitar. Nah, berikut ini ada resep donat empuk yang bisa di coba di rumah nih Bunda, ikuti langkahnya ya.

Bahan-bahan

500 gram terigu protein tinggi

30 gram susu bubuk (maizena)

1/2 sdt baking powder

1 sdt bread improver 4 gr
80 gram gula pasir

2 butir kuning telur

65 gram margarine

1 sachet ragi instan (11 gram)

 

200 ml air hangat suam – suam kuku

Langkah Membuat

1. Hidupkan ragi, dalam gelas yang berisi air hangat, masukkan gula (40 gram ambil dari yang tertulis di resep). Aduk rata lalu masukkan ragi, diamkan selama 15 kurang lebih, hingga berbusa dengan ditutup.

2. Masukkan semua bahan ke dalam baskom (kecuali margarine). Aduk-aduk agar rata lalu tuang air ragi sedikit demi sedikit, uleni sampai setengah kalis lalu masukkan margarine uleni sampai kalis (kalau saya dibanting-banting, biar kalis). Note : pada dasarnya semua resep donat itu sama, jika saat ulen adonan benar-benar kalis maka hasil donat akan mengembang bagus dan keluar white ring.


3. Didiamkan 30 menit dengan ditutup kain basah.

4. Bagi adonan dan bentuk sesuai selera, kalau saya ditimbang 40 gram bisa dapat 22 adonan ukuran besar. Diamkan lagi 30 menit dengan ditutup plastik.


5. Donat siap digoreng.


6. Tips goreng agar donat kering dan tidak berminyak, gunakan minyak padat. Jika tidak ada, bisa guakan minyak goreng biasa yang dicampur dengan margarine putih. Perbandingan minyak 2:1 mentega putih. Jadi kalo minyak 500 gram, mentega putihnya 250 gram.

7. Jika adonan kalis maka saat donat digoreng akan mengmbang tinggi dan membentuk white ring. Waktu menggoreng, balik donat cukup 1 kali saja ya, jangan dibolak balik nanti white ring tidak keluar dan donat banyak menyerap minyak.


8. Toping sesuai selera.


9. Bikin banyak juga seru buat keluarga


10. Semuanya bener-bener mengembang


11. Maafkan ya mom donatnya narsis duluu. Hihi.


12. Muluuusss, montoookkk


13. Packing²


14. Pokoknya dengan ikutin step, pasti bisa berhasil.


15. Update 26 agustus 2017, ngadon 1 kg tepung. Kebayang gmn ngulennya? Hehe. Dibanting bisa cepet kok, kalau tepung 1 kg airnya ±500 ml, disesuaikan saja dengan keadaan tepung.


16. Setelah proofing pertama dan siap dibentuk donat, permukaan ga rata tapi adonan ttp mulus ga retak karna ngembangnya.


17. Yummeehh


18. Pasti keluarga seneng dibikinin donat super mengembang gini.


19. Sajikan.


Saran Penyajian

1. Tunggu donat dingin, berikan mentega dan toping yang sesuai selera.

2. Tata pada piring saji beberapa.

3. Donat sudah dapat dinikmati.

Nah, itu dia bahan dan langkah buat bikin resep donat empuk yang super di rumah. Kalo hasilnya belum bisa sesuai, Bunda jangan nyerah buat nyoba bikin lagi. Siapa tahu yang kedua jauh lebih enak dan hasilnya memuaskan. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber