Berlangganan

Resep Cilok Mozzarella Istimewa. Rasanya Bikin Pengen Makan Terus!



Kota Bandung mungkin adalah salah satu kota dengan wisata kulinernya yang paling menonjol. Mungkin, Bunda juga tahu ya kalo beberapa jajanan yang populer, yang saat ini sudah merambah ke berbagai wilayah, asal mulanya ya dari Bandung. Nggak usah yang susah-susah deh, Siomay, Batagor, Seblak dan lainnya adalah bukti kalo Bandung adalah lokasi tepat untuk para pecinta kuliner, ya Bun. Selain itu, jajanan-jajanan populer itu terus diinovasikan. Ya, banyak tangan-tangan kreatif nih yang siap menyulap jajanan apapun menjadi lebih bervariasi. Salah satunya ya Cilok ini.

Dulu, kita tahu nih kalo cilok itu cuman aci yang dicolok. Aci adalah adonan dari tepung tapioka. Terus, dibuat bulatan-bulatan kecil berukuran 2 cm diamternya. Cara makannya cuman dicolok, atau ditusuk. Udah, gitu doang. Kenapa begitu populer? Selain cara makannya yang unik nih, bumbu saus aci ini yang bikin ketagihan. Soalnya, bumbunya terbuat dari kacang, dicampur bahan-bahan lainnya yang dijamin, siapapun nggak bisa bakalan nolak cilok.

Cilok yang tenar akhirnya disulap sedemikian rupa oleh tangan-tangan kreatif, sampe ada cilok isi, cilok muncrat ala Mulan Jameela, cilok bumbu rujak, dan kali ini ada loh yang namanya cilok mozzarella. Nah, apaan tuh, Bun? Cilok mozzarella sendiri ternyata masih ada berbagai versi, Bun. Misalnya nih, ada yang dibakar. Beda ya sama cilok biasanya yang digoreng atau direbus. Versi yang satu ini dibakar, terus ditambahin keju mozzarella sebelum proses pembakaran. Nah, cilok yang sudah dibakar matang ini pun bikin keju bisa melumer diatasnya.

Buat seru-seruan nih, berikut ada resep cilok mozzarella yang bisa Bunda coba di rumah. Itung-itung buat senengin anak lah supaya nggak doyan jajan sembarangan. Supaya tahu kalo Bundanya ini pinter masak jajanan apapun biar anaknya bisa stay makan di rumah tanpa suka teriak-teriak minta uang begitu ada abang cilok lewat depan rumah. Penasaran? Nih, simak aja deh resepnya bikin cilok Mozzarella yang bikin makan terus.

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung tapioka
  • 150 ml Air panas
  • Secukupnya gula, merica dan Garam
  • 3 siung bawang putih, haluskan (saya pakai bawang putih bubuk sekitar 1/2 sdm)
  • 1 buah Daun bawang, iris halus
  • secukupnya keju mozzarella untuk isian

Saos kacang:

  • 100 gram kacang tanah, goreng
  • 8 buah cabe rawit, goreng
  • 2 lembar daun jeruk,goreng dulu biar ga pahit
  • 1/2 sdt kencur bubuk, bisa pakai yg fresh
  • 8 buah bawang putih, goreng
  • 1 sdt air asam jawa
  • 30-50 gram gula jawa, sesuai selera
  • secukupnya kecap manis
  • secukupnya saos sambal
  • Secukupnya garam

Langkah Membuat:

1. Buat saos nya: Blender kacang tanah, cabe, daun jeruk, kencur dan bawang putih. Masukkan gula garam air asam jawa, aduk rata bersama saos sambal dan kecap manis.sisihkan


2. Siapkan semua bahan


3. Buat adonan ciloknya: siapkan wadah campur semua bahan kecuali daun bawang lalu beri air panas sedikit demi sedikit jika dirasa sudah bisa dibentuk, hentikan airnya. (Jadi 150ml gak dipakai semua)aduk rata, masukkan daun bawang, aduk rata kembali.


4. Ambil secukupnya adonan, isi dengan keju mozzarella, lalu bulatkan. (saya bulatkan 1 sdt ya, jadinya sekitar 40 buah cilok)


5. Didihkan air dipanci beri 1 sdm minyak. Masukkan bulat2n adonancilok, biarkan sampai matang, tandanya sudah mengapung ya. angkat lalu tiriskan.


6. Penyajian :tata cilok di piring siram dengan sambal kacangnya. Note: jika tidak ingin memakai sambal kacang bisa pakai saos sambal di campur kecap ya


Nah, gimana Bun? Gampang banget kan bikin cilok mozarellanya? Enak banget dan bergizi lagi. Yuk deh, dicobain.

sumber