Berlangganan

Resep Bubur Candil Khas Semarang. Enak. Harum. Manisnya Pas



Makanan tradisional yang datang dari Indonesia memang banyak, bahkan biasanya beberapa makanan khas daerah lain sering juga ditemukan di daerah lainnya. Nah, Bunda udah pernah tahu bubur candil belum? Bubur candil merupakan salah satu makanan yang khas dari Semarang tapi udah sering juga ditemukan di beberapa daerah lainnya.

Candil nya sendiri adalah makanan yang dibuat dari ketan, gula merah, dan juga santan Bunda. Makan dari candil ini udah terkenal banget di daerah Jawa dan bisa dibilang udah makanan dari dulu ada. Biasanya sering ditemukan di beberapa pasar tradisional. Kalau di daerah lain biasanya sebutannya biji salak, soalnya bentuk dan ukurannya hampir menyerupai biji salak. Bunda bisa coba resep bubur candil khas Semarang sendiri kok di rumah.

Bubur candil termasuk salah satu sajian yang biasanya khas sekali untuk menu buka puasa. Nah, Bunda bisa coba bikin sendiri di rumah untuk sajian menu buka puasa di rumah. Pasti keluarga lebih suka kalau ada menu baru yang rasanya enak dan manis untuk buka puasa. Bahkan Bunda juga bisa kok kasih resep bubur candil khas Semarang ini sebagai menu takjil di masjid terdekat ketika ramadhan. Kalau rasanya enak, siapa tahu nanti ada yang pesan dan bisa jadi lahan Bisnis, kan lumayan Bunda untuk tambahan penghasilan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan buat bikin bubur candil juga enggak susah dicarinya kok Bunda, soalnya di sekitar kita banyak banget. Langkahnya juga enggak butuh waktu lama. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep bubur candil khas Semarang sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan

BOLA KETAN :

  • 250 gram Tepung Ketan
  • 50 gram Tepung Tapioka
  • 1/2 sdt Garam
  • Air adem secukupnya sampe bisa dipulung+kenyal

KUAH MERAH :

  • 300 gram Gula Merah (bole sesuai selera)
  • 1 1/2 liter air
  • 3 helai Daun pandan,simpulkan
  • Larutan pengental(Tepung beras+air sesuai selera)

SAUS SANTAN :

  • 600 cc Santan (Kara jg boleh)
  • 4 helai Daun pandan simpulkan
  • 3/4 sdt Garam

Langkah Membuat:

1. Campurkan tepung ketan+tapioka+garam,beri air adem smpe bisa dipulung+kenyal ;)


2. Bentuk bulatan2 kelereng ukuran sesuai selera :) sisihkan.


3. Didihkan air+gula merah+daun pandan..saring kotoran2nya


4. Didihkan lagi,masukkan bola2 ketan.kalo mengapung pertanda mateng,rebus sampai bola berubah warna,selaen lebi meresap bisa mengurangi bau tepung ;) __kalo demen bau ketan,ga perlu lama2 rebusnya-


5. Last,masukkan cairan tepung beras sesuai selera(aduk cepat) bisa rada encer/kental banget ;) disesuaikan aja..kalo aku suka dikit kental kayak bubur sum2,sisihkan kalo uda meletup2..


6. Saus Santan: Didihkan santan+daun pandan+garam sampe mendidih.bisa jg pake santan instan..mau encer/kental selera yaa


7. Tadaa..siap dinikmati..di sore2 yang dingin,.bubur candil manis hangat,semanis dan sehangat Cinta bunda ^^


8. Lembutt bola2nya,harummm ;)


9. Orang sini bilang 'kenyil kenyil '


Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep bubur candil khas Semarang sendiri di rumah. Sederhana dan bisa diikuti kan Bunda? Untuk takaran rasa dan takaran porsi, bahannya bisa disesuaikan ya Bunda. Entah ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera Bunda dan keluarga di rumah. Semoga bermanfaat Bunda, selamat mencoba. Terima kasih.

Sumber