Berlangganan

Resep Bothok Tahu Tempe Udang. Lebih Enak Ketimbang Beli



Orang Indonesia tuh sampai sekarang masih nggak bisa move on loh dari berbagai sajian tradisional dengan warisan resep para leluhur. Bahkan, masing-masing daerah punya menu yang cukup bervariasi yang bahkan nih banyak turis yang betah mampir ke Indonesia karena kangen dengan kulinernya.

Obama aja yang pernah tinggal di Indonesia suka banget sama sate, bakso, dan lain-lainnya seperti yang pernah Obama bilang. Jadi bangga ya terlahir di Indonesia. Ngomong-ngomong menu Indonesia nih, salah satu warisan leluhur yang masih lestari sampai sekarang adalah resep bothok tahu tempe udang. Udah pernah tahu kan, Bun?

Bener deh, kalo ngomong bothok tahu tempe udang jadi bikin perut keroncongan. Soalnya, resep tradisional yang satu ini emang terkenal enak. Nah, sama kayak olahan bothok lainnya nih, bothok tahu tempe udang juga pakai kelapa parut. Biar citarasanya semakin nendang, sebaiknya nih Bunda pilih kelapa yang mau diparut dengan seksama. Pilih kelapa yang nggak terlalu tua ya Bun. Kalo bingung gimana cara bedain nih kelapa yang muda dan yang tua, bisa kok tanya ke penjual kelapa di pasar tradisinoal. Bilang kalo Bunda mau masak bothok. Nah, pasti deh bakalan dibantuin buat pilihin yang mana.

Kalo Bunda belum pernah cobain masak bothok tahu tempe udang, Bunda nggak perlu kuatir. Bunda bisa kok pake resep berikut ini. Dengan senang hati nih, kita bagiin resepnya. Tinggal Bunda simak aja bahan dan langkah yang harus dibuat. Jangan lupa untuk cek bahan-bahan yang sudah Bunda siapin ya. Ketinggalan satu bahan aja pasti bikin gimana gitu. Apalagi kalo Bunda lagi pengen-pengennya bikin bothok tahu tempe udang yang sempurna.

Bahan-bahan

  • Secukupnya Daun Pisang
  • 1/2 Butir Kelapa Sedang (Parut)
  • 1 Papan Tempe (Kukus, iris dadu)
  • 3 Buah Tahu Putih (Kukus, iris dadu)
  • 250 gr Udang
  • Secukupnya Lamtoro/Pete cina
  • Secukupnya Daun Kemangi
  • Secukupnya Daun Salam

Bumbu Halus ::

  • 6 Siung Bawang Putih
  • 5 Siung Bawang Merah
  • 2 Cabe Merah
  • 6 Cabe Rawit (Opsional)
  • 3 cm Kunyit
  • 2 cm Kencur
  • 2 cm Lengkuas
  • 2 Lembar Daun Jeruk
  • 1 sdt Ketumbar

Bumbu Pelengkap ::

  • 1 sdt Kaldu Bubuk
  • Secukupnya Penyedap Rasa
  • SecukupnyaGaram
  • SecukupnyaGula Pasir

Langkah Membuat:

1. Siapkan semua bahan-bahannya.


2. Siapkan wadah,masukkan kelapa parut,bumbu halus dan bumbu pelengkap,aduk rata dan tes rasa. Masukkan semua bahan lainnya kecuali daun kemangi dan daun salam. Aduk rata.


3. Siapkan daun pisang,beri selembar daun salam kemudian beri isian bothok tadi dan beri daun kemangi.


4. Bungkus dan semat dengan tusuk gigi/lidi hingga rapi.


5. Panaskan panci kukusan, masukkan semua bungkusan bothok dan kukus hingga matang.


6. Bothok tahu tempe udang ala saya siap disajikan..😀👍


7. Alhamdulillah enakk.


Gimana Bun? Gampang kan? Bikin bothok tahu tempe udang ini sehat loh Bun. Soalnya masaknya nggak digoreng. Ketimbang masak tahu goreng, tempe goreng, udang goreng, kan lebih baik masak bothok tahu tempe udang. Karena prosesnya dikukus, jadi nutrisi dan nilai gizinya nggak banyak yang ilang. Selain sehat, enak lagi ketimbang beli. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber